Kendaraan Bermesin Konvensional akan Dilarang di California

Berita Otomotif

Kendaraan Bermesin Konvensional akan Dilarang di California

CALIFORNIA – Sebentar lagi California akan melarang kendaraan berbahan bakar konvensional beroperasi di negara bagian tersebut.

Gubernur California, Phil Ting telah mengenalkan rancangan undang-undang terkait pelarangan penjualan kendaraan baru bermesin bensin dan diesel. Rancangan undang-undang tersebut pun sudah diserahkan pada badan legislatif untuk mendapat persetujuan.

Ting sendiri mengatakan RUU tersebut disebut dengan Clean Cars 2040 Act atau Undang-Undang Mobil Ramah Lingkungan 2040 dan akan mencegah negara bagian untuk menerima pendaftaran kendaraan yang emisi gas buangnya di atas 0. RUU tersebut akan mulai berlaku mulai 1 Januari 2040 dan secara efektif akan melarang penjualan kendaraan berteknologi konvensinal.

Namun, aturan tersebut tidak akan berlaku untuk beberapa kendaraan seperti kendaraan komersial besar berbobot lebih dari 4.535 kg. Demikian juga untuk kendaraan milik penduduk dari negara bagian lain yang melintas atau pindah ke California akan dibebaskan dari aturan ini.

“California telah lama memimpin negara ini dalam mempromosikan perlindungan lingkungan dan kesehatan masyarakat melalui kebijakan visioner dan mendukung inovasi dalam teknologi. Kini adalah saatnya kita membersihkan jalur untuk transportasi yang bebas emisi dan mengambil langkah signifikan untuk mencapainya yaitu pengurangan emisi,” ungkap Ting.

Ia pun menambahkan bahwa kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil bertanggung jawab atas hampir 40 persen emisi gas rumah kaca di California. Dan undang-undang tersebut diharapkan dapat memberikan masa depan yang sehat bagi masyarakat. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual