Kencan Singkat dengan Chevrolet Trax

Review

Kencan Singkat dengan Chevrolet Trax

BOGOR – Setelah resmi diluncurkan, Chevrolet Trax dipastikan akan menjadi salah satu tulang punggung penjualan General Motors Indonesia (GM Indonesia).

Saat peluncuran Chevrolet Trax di sirkuit Sentul beberapa waktu, Mobil123.com berkesempatan mengendarainya. Lantas bagaimana rasanya? Berikut ulasannya.

Eksterior

Chevrolet Trax
Tidak bisa dipungkiri bahwa Chevrolet Trax hadir dengan tampilan yang menarik. Desainnya yang compact namun sporty menegaskan komitmennya sebagai salah satu pemain utama dalam persaingan SUV compact di Indonesia.

Desainnya membulat namun tetap kokoh. Dengan penambahan beberapa garis-garis aerodinamika yang tegas, berhasil menjadikan mobil terasa lebih agresif. Tak hanya itu, Chevrolet juga mempertahankan ciri khas grille desain dual-port.

"Dengan desain grille ini membuat orang akan langsung tahu bahwa ini adalah mobil Chevrolet ketika melihatnya," ungkap Yuniadi Haksono Hartanto, Chevrolet External External Affairs & PR Director GM Indonesia.

Interior

interior chevrolet trax
Masuk ke dalam, warna hitam mendominasi kabin. Warna yang sederhana namun terasa pas untuk digunakan oleh SUV. Namun, guna membuatnya lebih menarik, Chevrolet menyematkan beberapa aksen silver di dashboard.

Yang paling menarik bagi kami adalah banyaknya kemudahan yang ditawarkan oleh Chevrolet Trax. Yang paling sederhana adalah banyaknya kompartemen di dalam kabin. Tak tanggung-tanggung, Chevrolet menyematkan 15 kompartemen dengan beragam fungsi. Hal ini dilakukan guna memberi kemudahan ke para penumpangnya dalam meletakkan barang-barang bawaan mereka.

bagasi trax

Guna memmudahkan membawa barang-barang besar, Chevrolet membuat bangku baris kedua dapat dilipat rata dengan konfigurasi 60:40. Hasilnya adalah daya tampung bagasi meningkat hingga mencapai 1370L.

Selain kemudahan tersebut, Chevrolet menyediakan lubang energi 230V AC di belakang konsol tengah yang memungkinkan Anda mengisi daya berbagai perangkat elektronik berukuran kecil. Daya di sini stabil sehingga tidak akan merusak baterai gadget, klaim Chevrolet.

Meter cluster menampilkan indikator perkiraan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) sehingga dapat mengingatkan pengemudi waktu untuk mengisi BBM.

Mesin

mesin chevrolet trax
Di kelasnya, jika kami tidak salah, Chevrolet Trax menjadi satu-satunya mobil yang dibekali mesin turbo berbahan bakar bensin. Dengan ditambahkan turbo, mesin Ecotec 1.400cc mampu menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi  200Nm dalam rentang 1.850 dan 4.900 rpm.

Fitur

layar chevrolet trax
Salah satu yang menjadi andalan Chevrolet Trax kali ini adalah fitur hiburannya. Chevrolet Trax telah dilengkapi dengan layar-sentuh 7 inchi beresolusi tinggi penuh warna. Layar ini didukung oleh teknologi Chevrolet MyLink yang memungkinkan menampilkan isi-isi dari smartphone ke layar.

Trax merupakan kendaraan pertama di kelasnya yang menawarkan Siri Eyes Free untuk pengguna iPhone iOS 6, iOS 7 dan iOS 8. Ini memungkinkan terhubungnya kontrol suara sehingga para pelanggan dapat tetap fokus pada kemudi setir tanpa harus menggenggam Ponselnya. Setelah menghubungkan iPhone, pengemudi dapat berkomunikasi dengan Siri melalui mikrofon yang terdapat di kemudi setir untuk mengendalikan baik ponselnya maupun MyLink.

Fitur keselamatan juga tidak kalah pentingnya. Bisa dibilang, Chevrolet Trax telah dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan paling lengkap di kelasnya.

Struktur bodi Trax membentuk rangka pelindung di sekitar kompartemen penumpang. Sistem Body Frame Integral-nya menawarkan struktur tangguh.

Trax mengantungi  enam kantong udara standar (depan, samping dan tirai kabin), sabuk pengaman di bagian depan, Electronic Stability Control (ESC), ABS dan EBD,  bantuan parkir di bagian belakang, dan kamera belakang.

Perfoma


Kini giliran untuk menjajal perfoma dari Chevrolet. Begitu duduk, kami merasakan jok terasa cukup nyaman dengan visibilitas depan baik. Sayangnya saat ingin menyesuaikan posisi duduk, ternyata mobil ini tidak dilengkapi dengan electronic seat. Kaca spion samping terbilang cukup luas sehingga meminimalisasi blind spot.

Pengujian singkat kali ini meliputi lintasan lurus, slalom dan melintasi seluruh lintasan Sentul.

Di lintasan lurus, kami langsung diperintahkan untuk menekan pedal gas dalam-dalam. Mobil pun langsung melesat cepat namun terasa stabil.  Kecepatan di speedometer pun menunjukkan 97 km/jam, namun kecepatan pada sensor kecepatan di luar lintasan justru menunjukkan angka 112 km/jam. Dengan jarak yang terbilang pendek, jujur kecepatan tersebut cukup membuat kami kagum.

Kini giliran mencoba slalom. Jarak pandang yang luas ditambah dengan setir ringan membuat pengendalian mobil terasa mudah. Apalagi dimensi mobil terasa pas untuk melakukan manuver berliku. Meski demikian, di beberapa titik, mobil memang terasa sedikit limbung meski dalam batas normal

Di percobaan terakhir, giliran mengelilingi sirkuit sentul. Perseneling kami tempatkan pada D dan pedal gas pun diinjak. Kami coba pertahankan kecepatan di kisaran 80-100 km/jam, angka yang biasa dirasakan oleh masyarakat perkotaan, segmen yang diincar oleh Chevrolet Trax.

Akselerasi cepat yang kami rasakan pada lintasan lurus tetap terasa meski pedal tidak diinjak secara membabi buta. Saat sedikit keluar lintasan, ternyata bantingan mobil terasa cukup empuk. Kenyamanan mobil jelas menjadi nilai lebih dari Chevrolet Trax.

Kesimpulan


Chevrolet Trax dibanderol dengan harga Rp 267 juta dan Rp 291 juta. Angka tersebut rasanyan layak untuk disematkan pada Chevrolet Trax mengingat kelebihannya yang belum  tentu dimiliki oleh mobil-mobil sekelasnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual