Kemenhub: Penghentian Sementara Pembangunan Kereta Cepat LRT Hanya Sebagian

Berita Otomotif

Kemenhub: Penghentian Sementara Pembangunan Kereta Cepat LRT Hanya Sebagian

JAKARTA – Kementerian Perhubungan menegaskan bahwa penghentian pengerjaan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek hanya dilakukan pada titik KM tertentu.

Hal ini disampaikan oleh Hengki Angkasawan, Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan. Titik tersebut adalah Km 11-17 yang memang menjadi pusat kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek.

“Pada dasarnya kami minta kepada pelaksana tiga proyek ini untuk secara bergantian melakukan pengerjaan proyek di area-area yang tingkat kemacetannya tinggi dengan melakukan manajemen waktu dan lokasi. Jadi permintaan penghentian proyek hanya dilakukan di area tertentu japek di sepanjang kurang lebih 5 kilometer saja yang dianggap sering mengalami kemacetan,” jelas Hengki.

Saat ini ada beberapa pembangunan Proyek Strategis Nasional di lintas Tol Jakarta – Cikampek. Pembangunan tersebut adalah tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek, Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek. Pengerjaan ini berdampak pada meningkatnya kemacetan lalu-lintas di jalan tol tersebut.

Dipilihnya proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung dan LRT Jabodebek yang dihentikan sementara adalah karena waktu pengerjaannya lebih panjang dari waktu target penyelesaian Tol elevated. Saat ini, pembangunan Tol Eleveted diklaim sudah mencapai lebih dari 50 persen. Diharapkan ketika musim mudik 2019, tol tersebut sudah dapat dinikmati masyarakat.

Tak hanya itu, Pemerintah juga menambahkan beberapa langkah lain untuk dapat mengurangi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek. Di antaranya dengan kebijakan pemerlakukan ganjil-genap di gerbang tol Bekasi Barat, Bekasi Timur dan sedang disosialisasikan di GT Tambun.

Kemudian pembatasan jam operasional angkutan barang golongan III, IV dan V yang melintas di Tol Japek, serta pemberlakuan lajur khusus angkutan bus di tol setiap Senin s/d Jum’at pukul 06.00 – 09.00 WIB kecuali hari libur nasional. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar