Kemampuan Hyundai i30 Fastback N, Safety Car WSBK di Sirkuit Mandalika

Berita Otomotif

Kemampuan Hyundai i30 Fastback N, Safety Car WSBK di Sirkuit Mandalika

JAKARTA – Hyundai i30 Fastback N tampil sebagai safety car ajang World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Kemampuan mobil performa tinggi ini sendiri terdiri dari 3 pilar.

WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika berlangsung pada 19-21 November kemarin. Selain menampilkan motor-motor superkencang dan para pebalap berteknik tinggi, tampak keberadaan i30 Fastback N sebagai safety car selama kompetisi tersebut.

Mobil Hyundai sendiri telah menjalankan ‘tugasnya’ di WSBK sejak 2019. Ini terjadi berkat kerja sama antara penyelenggara balapan dengan Hyundai Motor Company, melalui Hyundai Motorsport.

Sirkuit Mandalika

“Kemitraan ini merupakan kesempatan baik untuk mempertunjukkan produk Hyundai berperforma tinggi kepada semua penggemar balap motor maupun mobil. Kami berharap para penggemar WorldSBK, serta pelanggan setia kami di Indonesia dapat menikmati kegiatan ini, dan akan semakin memperkuat kehadiran brand kami sebagai game-changer di industri otomotif,” kata Chief Operating Officer PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur, melalui keterangan resmi.

Performa Safety Car Hyundai i30 Fastback N

Hyundai N merupakan nomenklatur bagi versi performa tinggi dari model-model reguler keluaran pabrikan asal Korea Selatan tersebut.

i30 Fastback N dipersenjatai mesin bensin 2.0-liter turbo berdaya maksimal 276 hp, dengan torsi puncak 392 Nm.

Mobil ini dikembangkan dengan prinsip ‘form follow function’. Rasio optimal antara downforce, drag, dan aerodinamikanya diklaim memberikan pengalaman berkendara yang lebih mampu memacu adrenalin.

Axle depan i30 Fastback N mendapat peningkatan lateral stiffness dan pengurangan bobot, ketimbang model standarnya.

Hyundai i30 Fastback N

N Power Sense Axle memberikan respons cepat dan tepat dari axle depan ke arah pengemudi dan meningkatkan cengkeraman serta secara efektif mentransfer tenaga dari mesin ke jalan.

Hyundai menyebut kemampuan i30 Fastback N terbagi menjadi tiga pilar. Pertama ialah Corner Rascal, atau kelincahan di tikungan serta keseimbangan luar biasa berkat N Power Sense Axle, N Corner Carving Differential, maupun Rack-mounted Power Steering.

Selanjutnya adalah Human Machine Interface. Sistem infotainment yang memungkinkan interaksi dengan penumpang menimbulkan pengalaman berkendara menarik, menyenangkan, maupun rasa aman ketika berada di dalamnya.

Race Track Capability menjadi pilar terakhir. i30 Fastback N disebut sudah teruji pada suhu dan lokasi ekstrem dengan ban yang cocok untuk melaju di trek.

Kemampuannya di arena balap juga didukung Launch Control, Downforce Enhancement, Lap Timer, G-Force Meter, Shift Indicator. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar