Kemacetan akan Menjadi Sejarah, Asal...

Berita Otomotif

Kemacetan akan Menjadi Sejarah, Asal...

JAKARTA - Kemacetan adalah makanan sehari-hari masyarakat perkotaan. Kemacetan membuat frustasi dan menghabiskan tenaga dan waktu, serta biaya berkendara semakin membengkak karena konsumsi bahan bakar minyak (BBM) kian besar.

Tapi ada berita bagus. Kemacetan akan segera menjadi sejarah!

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Centre for Economics and Business Research menunjukkan bahwa kemacetan lalu lintas di Amerika Serikat membawa kerugian hingga US$ 124 miliar dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat ke angka US$ 293 miliar.

Sementara Inrix, sebuah perusahaan informasi lalu lintas, bahkan menghitung bahwa nilai emisi karbon yang berasal dari kendaraan terkena kemacetan lalu lintas mencapai US$ 300 juta di tahun 2013. 

Kemacetan di Indonesia diperkirakan membuat kerugian hingga Rp 28,1 triliun akibat membengkaknya konsumsi BBM, terbuangnya waktu produktif, biaya kesehatan yang semakin meningkat, hingga kerugian para pemilik angkutan umum akibat kemacetan tersebut.

Tapi masa depan kendaraan yang membuat tiap mobil akan bisa berkomunikasi dan juga akan mengaplikasi teknologi autopilot diperkirakan akan menjadi salah satu solusi masa kemacetan. 

Dengan teknologi, mobil bisa saling berkomunikasi dan memberitahu kondisi jalan. Selain itu, mobil juga bisa terhubung dengan berbagai fasilitas lalulintas sehingga akan memberitahu bila ada kemacetan dan menyarankan mobil mencari jalur lain yang tidka macet.

Tantangannya menurut Forbes adalah investasi besar-besaran untuk membangun sistem cerdas ini. Dan hingga saat ini belum ada satu pun negara yang secara serius mengembangkannya secara massif dan terstruktur. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual