Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Kelebihan Rem Cakram Dibanding Rem Tromol

Berita Otomotif

Kelebihan Rem Cakram Dibanding Rem Tromol

JAKARTA – Penggunaan rem cakram pada kendaraan penumpang belakangan ini semakin banyak.

Lantas, apa yang menjadi keuntungan penggunaan rem cakram? Kami pun menghubungi Iwan Abdurahman, Technical Service Division, Workshop Department, General Repair Section PT Toyota Astra Motor untuk lebih mengenal keunggulan rem cakram dibanding dengan tromol.

“Salah satu kondisi dari sebuah rem agar bekerja optimal adalah temperaturnya. Semakin panas, efektivitas rem semakin memburuk. Rem cakram memiliki konstruksi terbuka, sehingga pendinginan rem lebih baik dibanding dengan rem tromol/drum,” ungkapnya.

Meski demikian, bukan berarti rem cakram bisa dipaksa kerja terus menerus. Ada saat di mana rem sebaiknya tidak digunakan terus menerus.

“Kalau melalui jalan menurun, sebaiknya masuk ke gigi rendah, sehingga pengereman kendaraan dibantu dengan engine brake dan rem tidak bekerja terus menerus,” tambahnya.

Dengan pertimbangan keselamatan inilah maka tidak heran jika mobil-mobil baru belakangan ini lebih memiliki rem cakram sebagai rem depan mereka.

“Tapi rem cakram lebih mahal dibanding tromol. Jadi untuk mengurangi biaya, cakram paling tidak digunakan pada 1 bagian yaitu bagian depan.”

Ia pun menambahkan bahwa penggunaan rem cakram di sisi depan memiliki alasan tersendiri yaitu rem cakram memiliki daya pengereman yang lebih baik dibanding tromol.

“Saat mobil direm, inersia (kemampuan benda untuk menolak pengubahan terhadap keadaan geraknya) mobil akan pindah ke depan semua. Inilah kenapa rem cakram diletakkan di depan karena dia memiliki tugas untuk mengimbangi beratnya bobot di area depan saat terjadi pengereman,” tutupnya. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang