Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pesaing Berat Pajero Sport

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner, Pesaing Berat Pajero Sport

Kelebihan Toyota Fortuner bertambah dengan hadirnya model facelift pada 2020. Namun, tentu saja kompetitor terbesar dari Mitsubishi Pajero Sport ini masih punya kekurangan.

Toyota Fortuner, di pasar Indonesia, masuk di segmen SUV high. Di sana, terdapat beragam model dari merek – merek tersohor di industri.

Selain Pajero Sport, para pesaingnya antara lain Honda CR-V, Hyundai Santa Fe, Renault Koleos. Beberapa waktu lalu ada pula Nissan Terra, tapi model tersebut sekarang tak terlihat lagi di situs resmi Nissan Indonesia.

Nama – nama di atas saat ini juga relatif ‘segar’ karena belum lama mendapat pembaruan model. Fortuner facelift meluncur di Indonesia pada Oktober 2020, berbarengan dengan Toyota Kijang Innova facelift.

Toyota Fortuner dan Kijang Innova Facelift 2020

Setelahnya, pada Februari 2021, pesaing – pesaing Fortuner menunjukkan respons. Di bulan itu, mengaspal CR-V facelift, Pajero Sport facelift, dan New Renault Koleos.

Hyundai tak mau ketinggalan. Santa Fe facelift mengaspal pada April 2021.

Harga Toyota Fortuner 2021 pada Masa Diskon PPnBM

Fortuner, sejak April sampai Desember 2021, menjadi salah satu mobil rakitan lokal bermesin 1.501 – 2.500 cc yang mendapat insentif alias diskon PPnBM (Pajak Penjualan Barang Mewah) dari pemerintah.

CR-V juga memenuhi syarat untuk mendapatkannya. Pajero Sport, di sisi lain, tidak.

Tahap pertama dari kebijakan pemerintah ini adalah insentif PPnBM 50 persen dari tarif normal (untuk penggerak 4x2) atau 25 persen (penggerak 4x4) pada April – Agustus. Tahap terakhir ialah diskon PPnBM 25 persen (penggerak 4x2) atau 12,5 persen (penggerak 4x4) pada September – Desember.

Berikut daftar harga Fortuner 2021 pada masa insentif PPnBM tahap pertama, menurut situs resmi Toyota Indonesia. Banderol yang dijabarkan adalah untuk on the road Jakarta:

  • 4x2 2.7 SRZ AT BSN TRD Rp604,1 juta
  • 4x2 2.4 G MT DSL Rp483,6 juta
  • 4x2 2.4 G AT DSL Rp499,9 juta
  • 4x2 2.4 VRZ AT DSL Rp528,9 juta
  • 4x4 2.4 G AT DSL Rp605,8 juta
  • 4x4 2.4 VRZ AT DSL Rp675,6 juta
  • 4x2 2.4 VRZ AT DSL TRD Rp543,2 juta

Spesifikasi Toyota Fortuner 2021

Toyota Fortuner 2021

Desain Eksterior dan Interior

Versi facelift yang mengaspal pada akhir tahun lalu mendapatkan ubahan di sektor eksterior maupun interior. Dari sisi tampang, yang paling cepat terlihat ialah desain gril depan baru dengan ukuran lebih besar. Pada varian TRD Sportivo, gril dibuat dengan tampilan yang lain sendiri melalui garnish kromium berkelir gelap.

Ada pula desain bemper baru plus desain lampu depan serta lampu kabut LED baru. Varian TRD Sportivo mendapatkan pelek alloi 18 inchi berdesain baru dan kaca spoin berwarna hitam. Adapun kaca spion varian – varian di bawahnya sewarna bodi.

Bagian step, step cover, backdoor garnish Fortuner facelift umumnya berwarna perak. Ada pengecualian bagi varian TRD Sportivo yang berwarna hitam.

Pada buritan, terdapat lampu LED berdesain anyar. Untuk varian TRD Sportivo, kesan lebih sangar diberikan lewat penyematan spoiler pada bemper.

Jok kursi Fortuner facelift varian G berbalutkan material fabric warna abu – abu gelap. Varian – varian di atas itu menggunakan material kulit. Khusus TRD Sportivo, warna joknya lagi – lagi hitam.

Fitur Baru Toyota Fortuner

Secara total, menurut catatan Mobil123.com, terdapat setidaknya belasan fitur baru pada Fortuner facelift. Sayangnya, hampir semua fitur itu tersebar mulai varian kedua yakni VRZ.

Varian terbawah yakni G 4x2 hanya kebagian dua.

Berikut ini daftar fitur – fitur baru Fortuner facelift:

  • Multi Information Display 4,2 inci dengan lebih banyak fungsi yang ditampilkan yaitu New TFT Opening Animation, Power Back Door Switch Status Display, Clearance Sonar Detection Status Display, Tire Turning Angle Display, dan SPORT/ECO Mode Display. (mulai varian G)
  • Electro Chromic Mirror (mulai varian G)
  • Wireless Charger (mulai varian VRZ)
  • Head Unit 9 Inci (mulai varian VRZ, tapi di varian TRD Sportivo ada penambahan fungsi NFC)
  • Kick Sensor dan Power Back Door (dulu hanya di TRD Sportivo, kini tersedia mulai VRZ)
  • Rear Seat Entertainment with Illumination (mulai varian VRZ)
  • Surround Monitor with Blind Spot Detection (mulai varian VRZ)
  • Lane Departure Warning (mulai varian VRZ)
  • Moving Object Detection (mulai varian VRZ)
  • Headway Monitoring Waning (mulai varian VRZ)
  • Limited Slip Differential (VRZ 4x4)
  • 7 Airbags (G 4x4, VRZ 4x4)

Fitur – fitur yang terlihat pada model terdahulu masih pula terlihat. Contohnya saja Variable Fluid Control Power Steering, Cruise Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Emergency Brake Signal, Trailer Sway Control, Traction Control.

Mesin

Pada sektor dapur pacu, Fortuner masih mengusung dua pilihan yaitu mesin bensin dan mesin diesel.

Mesin bensinnya berkode 2TR-FE, 4 silinder segaris, Dual VVT-I dengan kapasitas 2.7-liter. Tenaga maksimal mencapai 160 hp dengan torsi puncak 242 Nm.

Sebagai padanannya, diberikan transmisi manual enam percepatan atau transmisi otomatis enam percepatan yang menyalurkan tenaga menuju dua roda belakang (rear wheel drive/RWD).

Mesin dieselnya berkode 2GD-FTV, 4 silinder segaris, Common Rail Turbo VNT berkapasitas 2.4-liter. Tenaganya lebih kecil daripada mesin bensin yakni 149 hp, tapi torsinya jauh lebih besar yaitu 400 Nm.

Transmisi manual dan otomatisnya sama persis dengan yang mesin bensin. Akan tetapi, ada pilihan sistem penggerak dua roda (RWD) maupun penggerak empat roda (all wheel drive/AWD).

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Fortuner 2021

Kelebihan

  • Desain Baru yang Segar dan Menambah Gengsi

Pembaruan model yang belum setahun terjadi tentu saja membuat tampilan Fortuner lebih segar. Karena belum lama hadir, tentunya gengsi ketika membawa Fortuner versi terkini masih tinggi – tingginya. Apalagi, SUV ini memiliki harga yang tak murah.

  • Fitur Makin Lengkap

Penambahan fiturnya tak main – main. Dengan fitur – fitur baru ini, Fortuner makin terlihat sebagai sebuah SUV high yang segmennya tak terlalu jauh dari SUV premium entry-level seperti BMW X1.

  • Mesin Dieselnya Baru

Dari sisi teknis, Fortuner facelift mengalami penyempurnaan pada mesin diesel. Hasilnya adalah perbaikan pada performa dibandingkan model versi sebelumnya. Mesin ini juga diklaim lebih irit.

Kekurangan

  • Desain Tak Semacho Pajero Sport

Desain Fortuner memang baru. Sayangnya, meski kesan sporty-nya harus diakui bertambah, tampilan Fortuner facelift masih belum semacho dan semaskulin kompetitor terberatnya yakni Pajero Sport yang lebih ‘agresif’.

  • Tenaga Mesin Kalah

Tenaga mesin bensin Fortuner facelift juga masih di bawah para pesaing seperti Santa Fe facelift maupun CR-V facelift. Akan tetapi, torsinya masih lebih baik ketimbang dua nama barusan.

Untuk mesin diesel, tenaga maupun torsi Fortuner Facelift sama - sama kalah dari kompetitor seperti Santa Fe facelift. Demikian pula jika dibandingkan dengan tenaga dan torsi dari Pajero Sport.

  • Harga Varian 4x4 Amat Mahal

Varian 4x4 dari Fortuner facelift amat mahal. Jika tanpa insentif PPnBM, harganya Rp600 – 700 jutaan dan dengan insentif PPnBM 50 persen harganya Rp600 jutaan. Varian 4x4 Pajero Sport, di sisi lain, ada yang ‘hanya’ Rp500 jutaan meski tanpa insentif pajak. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar