Kelebihan dan Kekurangan dari Toyota Rush

Panduan Pembeli

Kelebihan dan Kekurangan dari Toyota Rush

Sejak generasi kedua diluncurkan di bulan November 2017, Toyota Rush langsung menjadi salah satu mobil terlaris di Indonesia.

Desainnya yang berubah total menjadi lebih modern berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit dari pemilik MPV langsung beralih hati dan membeli Toyota Rush beberapa saat setelah peluncuran.

Hal ini karena Toyota Rush memiliki desain yang dinamis dan tangguh layaknya sebuah SUV namun mampu menampung hingga 7 orang penumpang layaknya sebuah MPV. Tak heran bila banyak para pecintan MPV langsung ingin beralih ke Toyota Rush generasi kedua.

Meski demikian Toyota Rush generasi kedua ini bukanlah tanpa cela. Ibarat manusia yang tak ada yang sempurna, Toyota Rush pun tetap memiliki beberapa kekurangan. Tentunya hal tersebut harus menjadi pertimbangan sebelum melakukan pembelian agar tidak menyesal di kemudian hari.

Lantas apa saja kekurangan dari Toyota Rush generasi kedua? Berikut ulasan singkatnya.

Limbung saat Berkendara di Kecepatan Tinggi

Toyota Rush

Seakan sudah menjadi sebuah karakter mobil-mobil kolaborasi Toyota-Daihatsu, Toyota Rush memiliki kekurangan pada kaki-kakinya yaitu limbung. Rasa limbung tersebut baru dirasakan saat dikemudikan dalam kecepatan tinggi khususnya di jalan tol.

Terjadinya limbung tersebut kemungkinan disebabkan oleh ground clearence yang terbilang cukup tinggi. Toyota Rush memang memiliki ground clerence hingga 220 mm yang bertujuan untuk memberikan ketenangan saat harus melibas jalan tidak rata.

Meski demikian saat melaju dalam kecepatan rendah, rasa limbung tersebut sebenarnya tidak terlalu terasa terlebih bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dan karena Toyota Rush adalah SUV yang lebih sering digunakan di dalam kota, tentunya hal ini tidak akan terlalu masalah bagi pengendaranya.

Tenaga Mesin Berkurang

Toyota Rush

Toyota Rush generasi kedua mendapat mesin baru yang diklaim akan cukup untuk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat. Ya, Toyota Rush generasi kedua kini dilengkapi dengan mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc. Mesin tersebut diklaim mampu memproduksi tenaga 104 PS dan torsi hingga 13.9 Kgm.

Meski terdengar cukup besar, mesin tersebut ternyata tidak segahar mesin sebelumnya yaitu 3SZ-VE 1.5L dengan 4 silinder 16 Valve DOHC bersistem VVT-I. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 109 PS dan torsi maksimal 14.4 kgm.

Meski mengalami penurunan tenaga, Toyota meyakini hal tersebut tidak akan terlalu berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Mesin tersebut diklaim tetap mampu memberikan kenyamanan berkendara pada beragam medan jalan.

Harga Terbilang Mahal Bila Dibandingkan dengan Saudara Kembarnya

Toyota Rush

Bila dibandikan dengan saudara kembarnya, Daihatsu Terios, Toyota Rush harganya memang terbilang lebih tinggi. Berdasarkan situs resmi, Toyota Rush dijual dengan harga mulai dari Rp249,6 juta hingga Rp270,4 juta.

Sedangkan untuk Daihatsu Terios kini dijual dengan harga yang terbilang sedikit lebih murah yaitu mulai dari Rp207,3 juta hingga Rp260,5 juta. Selisih harga tersebut tentunya bisa menjadi bahan pertimbangan pelanggan hendak memilih yang mana sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya masing-masing.

Terkena Recall

Pada bulan Maret 2021 lalu, Toyota mengumumkan recall untuk sejumlah kendaraan. Salah satu yang terkena adalah Rush dengan tahun produksi antara 2017 hingga 2019. Recall tersebut dikarenakan adanya memiliki potensi masalah pada fuel pump.

Perbaikan bisa dilakukan di seluruh bengkel resmi Toyota dan hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam saja. Dalam perbaikan ini, Toyota memebaskan biaya perbaikan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap konsumen.

Meski demikian tetap saja recall kendaraan di Indonesia memiliki image yang kurang baik di mata masyarakat. Padahal, recall sebenarnya adalah bukti tanggung jawab brand terhadap kualitas produk yang mereka jual kepada masyarakat.

Keunggulan Toyota Rush

Meski demikian, Toyota Rush tetap memiliki beragam keunggulan yang tidak bisa didapatkan kendaraan lain. Keunggulan-keunggulan tersebut cukup untuk menjadi faktor penentu apakah akan membeli Toyota Rush atau tidak.

Dan berikut adalah beberapa keunggulan Toyota Rush

Bengkel Resmi Tersebar di Seluruh Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa Toyota memiliki jaringan dealer dan bengkel resmi yang sangat luas di Indonesia. Banyaknya jaringan tersebut tentunya memudahkan masyarakat dalam melakukan perawatan kendaraan.

Selain itu, dengan banyaknya jaringan bengkel resmi tentunya akan membuat pemiliknya lebih tenang saat melakukan perbaikan. Hal ini karena bila sewaktu-waktu mengalami kendala pada kendaraannya maka mereka lebih mudah dalam mendapatkan perbaikan.

Suku Cadang Toyota Rush Mudah Ditemukan

Suku dari Toyota Rush terbilang sangat mudah baik di bengkel resmi maupun bengkel umum. Bahkan bila terpaksa, pelanggan bisa menggunakan suku cadang dengan merk Daihatsu sekalipun karena memang komponennya sama.

Tak hanya itu, mesin yang digunakan oleh Toyota Rush adalah sama dengan Toyota Avanza. Dengan demikian maka komponen kendaraan akan semakin mudah ditemukan karena bisa saling bertukar suku cadang.

Dengan kemudahan suku cadang ini semakin memperkuat keunggulan dari Toyota Rush dalam hal perawatan kendaraan. Hal ini tentu menjadikan masyarakat akan merasa dimudahkan dibandingkan dengan brand lain.

Harga Jual Kembali Terbilang Tinggi

Secara umum, seluruh mobil Toyota memang memiliki harga jual kembali yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan beberapa brand lain. Faktor inilah yang menjadi salah satu pertimbangan masyarakat sebelum membeli kendaraan.

Namun harga jual kembali juga sangat ditentukan oleh kondisi kendaraan yang masih prima atau tidak. Demikian juga perawatan kendaraan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya akan menentukan harga jual dari kendaraan itu sendiri.

Tentang Toyota Rush

Toyota Rush generasi kedua diluncurkan di Indonesia pada bulan November 2017 dengan desain yang jauh lebih dinamis dan modern bila dibandingkan sebelumya. Desain baru ini disematkan untuk bisa memberikan pilihan kepada masyarakat yang kini semakin mempertimbangkan desain sebagai salah satu faktor penting dalam membeli kendaraan.

Kesan dinamis dihadirkan oleh Toyota melaui beberapa garis aerodinamika pada bagian kap dan sisi kendaraan. Secara keseluruhan, garis-garis tersebut memang cukup membuat kesan berotot pada mobil.

Khusus untuk tipe teratas, Toyota Rush hadir dengan beberapa tambahan aksesoris di bagian eksteriornya. Penambahan aksesoris tersebut cukup sukses untuk membuat tampilan Toyota Rush menjadi jauh lebih gagah.

Walau hadir tanpa konde, Toyota Rush kini memiliki dimensi yang lebih panjang bila dibandingkan sebelumnya. Penambahan panjang tersebut dimaksimalkan untuk memberikan kenyamanan pada kabin kendaraan.

Masuk ke dalam kabin, Toyota Rush memiliki desain yang terbilang cukup atraktif dan ergonomis. Toyota cukup memperhatikan tata letak khususnya pada bagian dashboard kendaraan sehingga memudahkan pengendara dalam mengatur seluruh fitur yang hendak digunakan.

Saat ini Toyota mendapatkan antusiasme masyarakat yang terbilang cukup tinggi. Hal ini karena mobil tersebut termasuk dalam kendaraan yang mendapatkan relaksasi PPnBM sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan pembelian. Program relaksasi PPnBM tersebut masih bisa dirasakan oleh masyarakat hingga bulan Agustus mendatang.

[Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar