Kejayaan Mesin Diesel di Eropa Mulai Runtuh

Berita Otomotif

Kejayaan Mesin Diesel di Eropa Mulai Runtuh

FRANKFURT - Mobil penumpang bermesin diesel mengalami penurunan permintaan di Eropa, untuk pertama kali jumlah penjualannya kalah dibanding mesin bensin. Kondisi ini pertama kali terjadi sejak tahun 2009 saat mesin diesel mulai berjaya. 

Puncak dari kondisi ini adalah penjualan mobil dengan mesin berbahan bakar bensin akhirnya dapat melempaui penjualan mobil bermesin diesel. Fenomena ini untuk pertama kalinya terjadi dalam rentang satu dekade.

Data yang dilansir European Automobile Manufacturers Association (ACEA) menyebutkan bahwa penjualan mobil dengan mesin berbahan bakar bensin meningkat hampir 10 persen pada semester pertama 2017 dibanding 2016. Ini membuat total penjualannya mencapai 48.5 persen dari total penjualan mobil penumpang atau naik 2.7 persen dibandingkan 2016.

Pada saat bersamaan, permintaan mobil mesin diesel turun dibandingkan tahun lalu.  Tercatat pada 2016, mesin diesel mengusai 50.2 persen penjualan mobil penumpang, kini turun di 46.3 persen. Dibanding tahun sebelumnya, ini menunjukkan bahwa mobil dengan mesin diesel mengalami penurunan penjualan 152.323 unit. Penurunan penjualan mobil dengan mesin diesel juga disinyalir karena skandal kecurangan laporan kadar emsii yang dilakukan VW. Kasus ini sangat menghebohkan baik di Amerika Serikat juga benua Eropa.

Di sisi lain, dilaporkan juga tentang peningkatan mobil dengan  bahan bakar alternatif mulai dari hybrid, listrik, LPG dan CNG. Meski belum signifikan, namun permintaanya mulai banyak atau mengalami peningkatan lebih dari 35 persen atau 5.2 persen dari total penjualan mobil penumpang.

Erik Jonnaert, Sekertaris Jendral ACEA mengatakan permintaan kendaraan mesin diesel dan bensin akan terus memiliki peran dalam masa transisi ke kendaraan rendah karbon. Menurutnya, di Eropa mesin dengan bahan bakar alternatif dalam waktu dekat akan memainkan peran penting dan terus tumbuh.

"Kini hampir semua pabrikan mobil fokus dan melakukan banyak investasi pada mobil berbahan bakar alternatif. Di samping terus melakukan inovasi, mereka juga harus memiliki program menarik yang mampu mendorong konsumen untuk membeli. Di antarnya dapat memberikan insentif tepat dan berkolaborasi dalam memperbanyak infrastruktur pengisian ulang tenga di seluruh Eropa," kelas Erik. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual