Kejar Jakarta, Bandung dan Cirebon Segera Terapkan Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Kejar Jakarta, Bandung dan Cirebon Segera Terapkan Tilang Elektronik

BANDUNG – Polda Jawa Barat akan menjadikan Kota Bandung dan Cirebon untuk menerapkan sistem e-TLE atau yang biasa dikenal sebagai tilang elektronik.

Sebelumnya diberitakan bahwa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ingin menjadikan tilang elektronik sebagai andalan untuk melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas. Bahkan, rencananya akan ada 19 provinsi yang akan menerapkan tilang elektronik di tahun ini.

Program tersebut pun disikapi positif oleh Polda Jawa Barat dengan melatih beberapa personel untuk dapat mengaplikasikan tilang elektronik. Meski demikian, mereka mengakui bahwa penerapan harus dilakukan secara bertahap.

“Software dan perangkat kerasnya sedang disiapkan. Termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi, sesuai dengan yang dilansir dari NTMC.

Tilang Elektronik
Untuk sementara, kota Bandung dan Cirebon akan menjadi dua kota pertama yang akan menerapkan tilang elektronik dalam waktu dekat. Kedua kota tersebut dinilai telah memiliki infrastruktur yang memadai.

“Untuk di Jawa Barat nanti akan diberlakukan di Kota Bandung dan Kota Cirebon. Di sejumlah ruas jalan tertentu yang sudah dilengkapi CCTV. Karena belum semua ruas jalan dilengkapi infrastrukturnya, jadi untuk beberapa ruas jalan dulu. Ke depan bisa dikembangkan,” tambahnya.

Dirlantas mengatakan pihaknya tengah memfinalisasikan sejumlah sarana dan prasarana untuk penerapan e-TLE ini. Untuk pemberlakuannya, kata dia, kemungkinan akan dijalankan dalam waktu dekat.

“Saat ini masih progres. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa diluncurkan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono beberapa waktu lalu mengatakan bahwa tilang elektronik berhasil untuk meningkatkan kedisipilinan pengendara kendaraan bermotor. Hal ini terlihat dari data yang ada di Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah dan Polda Jawa Timur. Ketiga Polda tersebut sudah menerapkan tilang elektronik.

"Masyarakat cenderung tidak mau melanggar. Ini nilainya sampai turun sampai 40,4%. Ini sangat bagus." Terang Kakorlantas.

Meski tilang elektronik berhasil menekan angka pelanggaran lalu lintas, tetap saja pelanggaran lalu lintas terus menerus terjadi. Bahkan jumlah surat tilang yang dikirimkan mencapai 800 lembar setiap harinya. Dengan peningkatan jumlah tilang elektronik diharapkan masyarakat menjadi semakin mawas diri dan disiplin dalam berkendara. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar