Kejar Hyundai, Toyota juga akan Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

Mobil Baru

Kejar Hyundai, Toyota juga akan Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia

JAKARTA - PT Toyota-Astra Motor (TAM) akhirnya mulai mempersiapkan diri untuk meluncurkan Battery Electric Vehicle (BEV) setelah sebelumnya ketinggalan langkah oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID).

Sebelumnya Toyota telah meluncurkan beberapa kendaraan berteknologi ramah lingkungan seperti Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kendaraan dengan teknologi tersebut pun dinilai telah berhasil diterima pasar dengan baik.

Melihat kesiapan market yang semakin baik dalam mengadopsi teknologi elektrifikasi, TAM sebagai pemegang brand Toyota dan Lexus merasa sudah waktunya untuk memulai titik baru. Salah satunya adalah dengan mulai meluncurkan kendaraan berteknologi BEV.

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan HEV dan PHEV, TAM akan melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV. Sehingga masyarakat bisa memilih kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas masing - masing,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

Lexus UX 300e

Kendaraan BEV tersebut akan diluncurkan melalui brand Lexus dan dijual secara retail sehingga dapat dimiliki pelanggan di Indonesia. Mobil itu nantinya akan melengkapi pilihan-pilihan kendaraan elektrifikasi dengan model HEV yang sudah ada sebelumnya baik di brand Lexus maupun Toyota.

Meski akan meluncurkan BEV, TAM menegaskan akan tetap menggarap pasar yang lebih luas. Dengan demikian, teknologi kendaraan lain seperti HEV dan PHEV tetap akan dikembangkan di pasar Indonesia.

"Kami memiliki banyak pilihan teknologi elektrifikasi. Saat ini kami sudah siapkan 3 teknologi baik HEV, PHEV dan Battery Full EV untuk pelanggan di Indonesia. Ini menjadi milestone penting agar kami terus study untuk kedepannya melebarkan pilihan yang lebih lengkap, sejalan dengan kebutuhan mobilitasnya," tegas Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM.

Sayangnya tidak ada informasi detail dan waktu peluncuran dari model tersebut, TAM hanya menegaskan bahwa peluncuran akan dilakukan tidak lama lagi. Dengan ini tentunya perkembangan kendaraan listrik di Indonesia akan semakin ketat.

TAM bukanlah APM pertama yang menegaskan komitmennya dalam mengembangkan kendaraan listrik. Pasalnya, HMID sebelumnya sudah meluncurkan Hyundai Ioniq Electric dan Kona Electric. Kedua mobil tersebut bahkan hadir dengan harga kurang dari Rp 700 juta. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar