Kehadiran Daihatsu Rocky Ternyata Sedikit Mengancam Sirion

Berita Otomotif

Kehadiran Daihatsu Rocky Ternyata Sedikit Mengancam Sirion

JAKARTA – Segmentasi konsumen Daihatsu Rocky dan Daihatsu Sirion ternyata sedikit beririsan. Sebagian kecil pembeli Sirion berpotensi pindah ke Rocky.

Rocky meluncur pertama kali pada akhir April 2021, dimulai dari tipe-tipe bermesin 1.0-liter turbo. Model berdimensi kompak ini menjadi SUV termurah Daihatsu, dengan rentang harga tak jauh dari Rp200 jutaan.

Kemudian, tipe-tipe Rocky bermesin bensin 1.2-liter yang berbanderol lebih terjangkau menyusul hadir Juni kemarin.

Marketing and Corporate Planning Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengakui ada sedikit kesamaan antara profil calon pembeli Rocky dengan Sirion, jika melihat hasil riset internal.

“Ada singgungan, tapi kecil. Dari data survei kami sebelum keluarkan Rocky, data singgungannya hanya 10-15 persen,” ucap dia dalam konferensi pers virtual mengenai kondisi pasar semester satu 2021 beberapa waktu lalu.

Daihatsu Rocky 1.0 turbo dan Daihatsu Rocky 1.2

Untungnya,irisan tersebut, secara volume, tergolong kecil. Soalnya, transaksi jual-beli Sirion pun termasuk minor di pasar otomotif Indonesia.

“Saat ini, secara volume (penjualan) Sirion juga tak terlalu besar sehingga angka persinggungannya, yang coba-coba, enggak terlalu kelihatan, kecil banget,” tegas Amelia.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso meyakini aksi ‘saling makan’ antara Sirion-Rocky bisa saja hanya terjadi di awal. Seiring waktu, masing-masing model akan punya konsumennya.

Daihatsu Sirion 2021

“Harga Sirion dan Rocky sekitar Rp200 jutaan ke bawah dan ke atas sedikit. Memang kalau dilihat dari sisi harga bersinggungan. Keduanya sama-sama 5-seater (kapasitas 5 penumpang),” ujar dia pada acara yang sama.

“Satu city car, satu SUV. Dua-duanya pasti punya karakter berbeda sehingga pasti karakter konsumennya berbeda… Ke depannya, kita lihat dulu. Ini karena biasanya di awal-awal ada switch (pergeseran konsumen) itu sesuatu yang biasa. Hanya coba-coba. Nanti akan kembali ke jalur yang benarnya masing-masing,” tambahnya lagi.

Jika menilik situs resmi Daihatsu Indonesia, harga on the road (OTR) Jakarta yang kini sedang mendapatkan insentif PPnBM 100 persen berkisar Rp178,9 juta sampai Rp239,6 juta. Adapun harga OTR Jakarta Sirion Rp201,75 (MT) dan Rp216,5 juta (AT). [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar