Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Catatan Akhir Tahun, Kecelakaan dan Pelanggaran Lalu Lintas Tahun 2019 Bikin Sedih

Berita Otomotif

Catatan Akhir Tahun, Kecelakaan dan Pelanggaran Lalu Lintas Tahun 2019 Bikin Sedih

JAKARTA – Jumlah kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di Indonesia pada tahun 2019 meningkat bila dibandingkan tahun 2018.

Hal ini disampaikan oleh Jenderal Polisi Idham Azis, Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri). Ia menyebut bahwa sepanjang tahun 2019 jumlah pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan, kemudian jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat sebesar 3%, namun korban meninggal dunia turun 6%.

“Sebanyak 134.156 insiden kecelakaan lalu lintas terjadi karena kendaraan yang saling bertabrakan. Sementara kecelakaan lalu lintas akibat faktor cuaca mencapai 107.498 insiden. Namun korban meninggal dunia turun sebesar 6% dari 27.910 korban menjadi 23.530 korban. Faktor kesalahan manusia menjadi penyebab dominan Lakalantas sepanjang tahun 2019,” terang Kapolri.

Meningkatkan pelanggaran lalu lintas dan jumlah kecelakaan tersebut memang disayangkan karena kebijakan Presiden Joko Widodo di periode kedua akan tetap meningkatkan infrastruktur. Pembangunan tersebut diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan mobilitas.

Namun pembangunan infrastruktur juga harus disesuaikan dengan pembangunan masyarakat agar bisa memanfaatkannya dengan baik. Sejauh ini, Kepolisian Republik Indonesia sudah melakukan beberapa terobosan seperti penggunaan teknologi baru untuk menciptakan transparansi saat melakukan pembuatan SIM.

Selain itu mereka juga melakukan sejumlah kegiatan di tahun 2019 seperti menggelar Millenial Road Safety di sejumlah kota besar di Indonesia. Sayangnya kegiatan tersebut terlalu mepet dengan penyelenggaraan Pemilu sehingga gaungnya dinilai kurang maksimal.

Di tahun 2020, Pemerintah harus lebih memperhatikan kecelakaan lalu lintas di Indonesia guna menciptakan keselamatan berkendara yang lebih baik. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang