Kebiasaan Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari, Masih Relevankah?

Panduan Pembeli

Kebiasaan Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari, Masih Relevankah?

JAKARTA –  Masih ada pemilik kendaraan yang punya kebiasaan memanaskan mesin mobil di pagi hari, sebelum beraktivitas atau bepergian. Masih perlukah ‘budaya’ otomotif satu ini?

Sebagian dari kita mungkin saja kerap memanaskan mesin mobil antara tiga hingga lima menit di permulaan hari, entah karena diajari atau melihat kebiasaan orang tua kita dahulu.

Rasanya, kurang ‘afdal’ jika mesin mobil tidak dipanaskan sebelum dikemudikan.

Menurut Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat Sapta Agung Nugraha, dahulu aktivitas memanaskan mesin mobil sebelum dipakai memang perlu. Gunanya antara lain agar cairan pelumas dapat tersebar ke berbagai komponen, pada mobil yang menggunakan karburator.

Akan tetapi, untuk mobil-mobil keluaran terkini, hal tersebut tak lagi relevan. Apalagi sampai digas berkali-kali.

Kalau melakukannya, pengemudi hanya membuang-buang bahan bakar yang ada.

mesin mobil keluaran terkini tidak perlu lagi dipanaskan di pagi hari

“Jadi, mobil sekarang itu sudah tidak lagi menggunakan karburator. Tidak perlu ada pemanasan lagi sebelum mulai beraktivitas,” ucap Sapta, seperti dikutip dari situs resmi Auto2000.

Mobil-mobil kekinian, lanjut dia, antara lain sudah menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang disokong lagi oleh sistem kontrol yang diatur komputer. Mesinnya pun mempunyai teknologi valve adjuster yang bekerja menahan oli tidak langsung turun ke carter atau bak penampungan.

Ketika dapur pacu dinyalakan dan mulai bekerja, oli dalam waktu cepat melumasi berbagai sektor di dalam mesin. Di samping itu, oli dari carter dapat lebih ‘sigap’ naik ke mesin karena dukungan teknologi oil pump maupun pelumas dengan kualitas serta viskositas jauh lebih baik.

mesin mobil keluaran terkini tidak perlu lagi dipanaskan di pagi hari

Teknologi pendukung lain adalah sensor yang memperkirakan temperatur oli maupun suhu lingkungan ketika mesin dihidupkan.

“Sehingga komputer bisa langsung menghitung campuran bahan bakar yang tepat untuk bisa menghidupkan mesin. Itulah kenapa mobil ‘zaman now’ tidak perlu dipanaskan dulu mesinnya sebelum mulai jalan,” ujar Sapta lagi.

Bagaimana, sudah jelas, kan? Jadi kalau Mobilovers sudah punya roda empat rilisan terbaru, tidak perlu lagi dipanaskan mesinnya di pagi hari sebelum bepergian, ya.

Kecuali kalau kendaraan yang dimiliki Mobilovers masih menggunakan karburator. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar