Kawasaki Bikin Balap Khusus Pemilik Ninja ZX-25R

Berita Otomotif

Kawasaki Bikin Balap Khusus Pemilik Ninja ZX-25R

JAKARTA – Kawasaki akan membuat balapan khusus pemilik Ninja ZX-25R di Jepang.

Kawasaki Ninja ZX-25R merupakan unit yang sepedamotor modern yang menggunakan teknologi termutakhir. Jika sebelumnya motor empat-silinder hanya untuk motor berkapasitas 600 cc ke atas. Brand yang identik dengan warna hijau ini mendobrak kebiasaan yakni menghadirkan motor 250 cc empat-silinder.

Kawasaki Ninja ZX-25R langsung menjadi pusat perhatian banyak orang di dunia. Di Jepang sendiri, motor yang masuk di kelas sport entry-level ini cukup berkembang dengan pesat. Peminatnya terus bertambah dari waktu ke waktu.

Seiring dengan popularitasnya, Kawasaki melihat jelas potensinya. Geng Hijau tersebut dikabarkan segera membuat balapan khusus Ninja ZX-25R pada 2021. Event ini sendiri dibuat secara eksklusif untuk para pemilik ZX-25R di Jepang.

Balapannya sendiri akan menggunakan sirkuit Kaze Circuit Meeting atau lebih dikenal dengan nama Tsukuba Circuit, di Shimotsuma, Jepang. Sirkuit dengan total panjang lintasan 2.045 kilometer ini memiliki trek lurus 437 meter saja.
Mesin Ninja ZX-25R
Event ini sendiri dibuat untuk mengakomodasi para pemilik ZX-25R yang ingin merasakan performa maksimal dari mesin motornya, secara legal tentunya. Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang cukup ketat dalam memberlakukan aturan mengenai modifikasi.

Para pemilik Kawasaki Ninja ZX-25R yang telah melakukan modifikasi motornya untuk tampil di sirkuit resmi, bisa langsung mendaftar untuk ikut serta. Di sirkuit Tsukuba ini, para pemilik ZX-25R bisa merasakan sendiri raungan mesin ala moge empat-silinder. Mereka juga bisa membuktikan kemampuan mesin empat-silinder 250 cc buatan Kawasaki. Terlebih, mereka juga bisa merasakan efek modifikasi mesin yang telah dilakukan.

Sekadar mengingatkan, Kawasaki Ninja ZX-25R yang dipasarkan di Jepang merupakan buatan Thailand. Besaran tenaga yang dihasilkan Ninja ZX-25R buatan negeri Gajah Putih lebih kecil daripada versi Indonesia.

Kawasaki Ninja ZX-25R yang dipasarkan di Indonesia masih mengadopsi emisi gas buang EURO 2. Sementara versi Thailand sudah EURO 4 sama dengan untuk pasar Jepang. Perbedaan inilah yang membuat besaran output kedua Ninja berbeda.

ZX-25R rakitan Tanah Air digadang-gadang mencapai 50 hp. Sementara untuk pasar Jepang dan Thailand hanya 44 hp saja. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar