Kaum Milenial Menjadi Generasi yang Diperhitungkan Produsen Mobil

Berita Otomotif

Kaum Milenial Menjadi Generasi yang Diperhitungkan Produsen Mobil

MARTORELL - Kaum millenial yang lahir pada awal 1980-an hingga pertengahan 1990an kini telah dipandang para produsen mobil sebagai konsumen penting.

Hal ini karena mereka melihat generasi tersebut sudah memiliki kematangan dalam kondisi finansial dan memiliki kemampuan untuk menentukan mobil apa yang akan dibeli. Dengan demikian, maka generasi ini telah menjadi kelompok sempurna untuk melihat mobil yang akan laris di pasaran.

Sebuah produsen mobil asal Spanyol, Seat merilis sebuah penelitian terhadap bagaimana dan mengapa para milenial membeli mobil.

Berdasarkan penelitian mereka, sekitar 40 persen dari milenial memilih mobil berdasarkan desain eksterior mereka. Hal ini karena mereka melihat bahwa mobil merupakan ekspresi dari kepribadiannya masing-masing.

Sementara itu, untuk jenis model yang mereka inginkan umumnya merupakan mobil kompak. Tercatat, 50 persen dari mereka akan memilih mobil kompak dibandingkan SUV yang hanya meraih 20 persen dari total responden.

Namun menariknya kaum millenials juga ternyata belum mampu untuk membeli kendaraan sepenuhnya. Tercatat, hanya satu dari lima orang yang mampu membeli mobil dengan tabungan mereka sendiri. Sisanya akan meminjam uang dari berbagai sumber.

Belum mampunya mereka untuk membeli kendaraan menggunakan tabungan sendiri membuat mereka cukup lama dalam memilih kendaraan yang akan dipilih. Tercatat, mereka membutuhkan waktu sedikitnya sembilan minggu untuk memutuskan mobil apa yang akan dibeli. Dan patut dicatat bahwa sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan, mereka akan menanyakan beberapa pendapat khususnya dari orang-orang terdekat. 

Tak hanya itu, para milenials juga dianggap memiliki kebiasaan ganjil terhadap mobilitas mereka akibat pengaruh smartphone. 26 persen dari pengemudi berusia 25-37 tahun berpendapat bahwa mereka ingin menjadikan kendaraan sebagai taksi online. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar