Katalis, Merek Motor Listrik Indonesia akan Pakai Baterai dari ABC

Berita Otomotif

Katalis, Merek Motor Listrik Indonesia akan Pakai Baterai dari ABC

JAKARTA – Dua perusahaan asli Indonesia sepakat berkolaborasi untuk menggarap pasar sepeda motor listrik nasional.

Keduanya adalah PT. Katalis Jaya Indonesia (Katalis) dan PT. International Chemical Industry (ABC Battery) yang 100 persen modalnya sama-sama dimiliki orang Indonesia. Korporasi pertama merupakan produsen sepeda motor merek Katalis, sedangkan pihak kedua ialah pembuat baterai merek ABC.

Katalis dan ABC Battery, menurut keterangan resmi, pada awal Agustus 2021 menandatangi nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk berkolaborasi.

Bentuk kerja sama pertama adalah menggabungkan kemampuan riset dan pengembangan untuk menciptakan produk motor listrik.

Katalis juga sepakat menggunakan cell lithium serta battery pack dari ABC Battery di produk itu nanti.

Motor listrik yang lahir dari kolaborasi keduanya kelak diharap dapat memberikan nuansa produk nasional di pasar otomotif Tanah Air.

merek motor listrik Katalis dari Indonesia sepakat pakai baterai ABC

“Kami sangat bersyukur hari ini kami mendapatkan dukungan dari pihak ABC Lithium yang nantinya produk mereka akan kami terapkan ke produk-produk motor listrik kami,” jelas Gunanjar Barokah selaku Chief Executive Officer Katalis.

Kementerian Perindustrian, pada Juli 2020, pernah mengungkapkan bahwa ABC Battery telah menggelontorkan investasi tambahan untuk perakitan baterai kendaraan listrik. Total investasi mereka mencapai Rp250 miliar dan pabrik perakitan baru dari ABC Battery di Cengkarang, Jakarta Barat selesai dibangun pada akhir tahun lalu.

Sayangnya, baik Katalis maupun ABC Battery tidak menjelaskan kapan motor listrik hasil kolaborasi keduanya akan meluncur.

pabrik baterai ABC

Lebih lanjut, menurut Marketing Director ABC Battery Hermawan Wijaya, baterai merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan listrik. Baterai dari mereka diklaim bakal berkualitas mumpuni sesuai dengan desain kendaraan listrik tersebut.

“ABC Lithium menjanjikan kualitas baterai yang sesuai dengan desain kendaraan listrik. Kita memastikan cell lithium dan battery pack yang dibuat di pabrik yang berada di Jakarta dengan standar kualitas internasional. Ini adalah generasi baterai lithium dengan material yang paling aman selama proses produksi dan aplikasi,” papar dia secara tertulis.

Pemerintah memang bersiap memberikan berbagai insentif bagi produk kendaraan listrik maupun aktivitas perakitan lokalnya.

Pada 2030, produksi lokal mobil listrik serta motor listrik ditargetkan masing-masing 600 ribu unit dan 2,45 juta unit. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar