Tanggapan Wuling Soal Peluang Hadirkan SUV Lebih Murah dari Almaz

Berita Otomotif

Tanggapan Wuling Soal Peluang Hadirkan SUV Lebih Murah dari Almaz

JAKARTA - Wuling mengakui pasar low sport utility vehicle (LSUV) di Indonesia ‘bagus’ dan ‘potensial’. Tapi, mereka belum punya produk di segmen tersebut hingga detik ini.

SUV termurah Wuling sekarang adalah Almaz. Pada Juli kemarin, mereka baru saja melengkapinya dengan varian 7-seater (tujuh penumpang) plus fitur standar voice command canggih berbahasa Indonesia.

Model tersebut adalah sebuah medium SUV, tapi rentang harganya sudah ‘menyenggol’ model-model LSUV seperti Toyota Rush dan Honda BR-V. Sekadar mengingatkan, banderol on-the-road Jakarta Almaz adalah Rp 263,8 - 338,8 juta.

Biar pun begitu, Wuling tetap belum mempunyai sebuah LSUV. Merek mobil asal China ini sendiri mengakui ketertarikan mereka terhadap pasar LSUV.

“Kalau kita melihat data penjualan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), pasar LSUV memang besar, potensial,” ucap Dian Asmahani, Senior Brand Manager PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia.

Sayang, Wuling sama sekali belum memberi petunjuk mengenai kapan SUV yang lebih murah dari Almaz itu mengaspal di Nusantara. Mereka hanya mengatakan bahwa saat ini fokus masih untuk produk yang ada saat ini.

“Sabar, sabar. Pasarnya memang bagus tapi kami masih fokus ke Almaz karena memang model ini belum juga berusia satu tahun dan sekarang kami sudah memberikannya teknologi baru (voice command),” tukasnya.

Wuling sejauh ini terbilang cepat sekali mengembangkan produk mereka di Indonesia. Almaz saja, yang baru meluncur pada Februari 2019 dengan satu varian 5-seater, sudah langsung dilengkapi varian plus teknologi baru lima bulan setelahnya.

Rencana produk Wuling ke depannya di Tanah Air mungkin juga salah satu topik dunia otomotif yang paling bikin penasaran. Soalnya, sejauh ada saja kejutan, baik dari sisi fitur maupun harga, di model-model yang mereka hadirkan.

Ini terlihat di tiga model sebelum Almaz yaitu Confero, Cortez, serta Formo. Ketiganya menampilkan harga setara segmen di bawahnya, tapi punya fitur lebih lengkap. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar