Kapan Waktu yang Tepat Ganti Wiper Mobil?

Panduan Pembeli

Kapan Waktu yang Tepat Ganti Wiper Mobil?

JAKARTA - Musim hujan telah tiba, saatnya untuk memeriksa wiper mobil apakah masih layak digunakan atau tidak.

 

Kondisi wiper yang prima sangat dibutuhkan oleh pengemudi karena bisa menyeka air di kaca mobil dengan baik saat berkendara di bawah guyuran hujan deras.Dengan begitu, visibilitas pengemudi tidak terganggu.

 

Begitu pentingnya peran wiper mobil jangan sampai Anda lupa mengeceknya. Bila perlu ganti secara berkala, tidak harus menunggu karet wiper rusak atau getas.

 

Lantas kapan waktu yang tepat untuk ganti wiper kaca depan mobil?

 

“Penggantian wiper mobil sendiri normalnya satu tahun dari awal penggantian atau dari baru setahun untuk normalnya,” ujar Maria Kayla Agusta, Channel Marketing Officer Bosch Automotive Aftermarket Indonesia. 

 

 

 

Ciri-ciri Kinerja Wiper Mobil Mulai Menurun

Selain wajib menggantinya satu tahun setelah pasang baru, pemilik kendaraan juga dituntut harus mengetahui ciri-ciri kinerja wiper mobil mulai menurun dan mesti diganti, agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Maria menjelaskan setidaknya ada dua ciri utama kinerja wiper kaca depan mobil mulai menurun.

“Pertama, bisa perhatikan saat wiper mulai menyisakan garis air di bagian tengah atau atas dan bawah kaca. Kedua, terdengar suara gesekan kaca saat wiper bekerja. Kedua hal ini menandakan kalau wiper sudah menurun kemampuannya,” ujar dia.

Dengan memperhatikan kondisi wiper saat bekerja, pengemudi mobil bisa mengetahui apakah sudah harus diganti dengan yang baru atau belum. Supaya sapuan air bisa bekerja maksimal dan memberikan visibilitas lebih baik. (AP?)




Berita Utama


Komentar