Kapal Berisi Mobil Tesla Buatan China Sudah Tiba di Eropa

Berita Otomotif

Kapal Berisi Mobil Tesla Buatan China Sudah Tiba di Eropa

BRUGGE – Produk buatan China kini amat beragam, dengan jangkauan pasar amat luas. Bahkan, mobil listrik Tesla yang dijual di Eropa pun sudah buatan China.

Kapal pertama berisi ribuan Tesla Model 3 rakitan China, menurut Forbes, tiba di Pelabuhan Zeebrugge, Belgia pada 26 November 2020 waktu setempat. Kapal itu berangkat dari Shanghai, China sejak 27 Oktober 2020 dan mengarungi lautan selama sebulan sebelum akhirnya sampai di ‘Benua Biru’.

Tesla bukan satu – satunya produk mobil listrik rakitan ‘Negeri Tirai Bambu’ di pasar Eropa. Bahkan, sport utility vehicle (SUV) BMW iX3 untuk pasar tersebut pun dibuat di China.

Lebih lanjut, ada 7.000 unit Tesla dalam kapal yang tiba di Pelabuhan Zeebrugge. Unit – unit tersebut nantinya didistribusikan ke Jerman, Prancis, Italia, Spanyol,Portugal, maupun Swiss.


Tao Lin, Vice President of Tesla China, mengatakan bahwa pihaknya sudah mendapatkan kepercayaan diri di negara beraliran politik komunis tersebut setelah berhasil melewati pandemi virus Corona (Covid-19). Kini, mereka ingin ikut mengambil momentum pemulihan ekonomi yang terjadi pascapandemi.

China merupakan pasar mobil listrik terbesar dunia. Status ini dahulu ditempati oleh Amerika Serikat.

Penjualan mobil listrik di China pada 10 bulan pertama 2020 mencapai 901 ribu unit, menurut data dari China Association of Automobile Manufacturers. Volumenya turun 7,1 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena pandemi Corona.

Pada Oktober, penjualan mobil listrik naik selama empat bulan berturut – turut. Adapun volumenya 160 ribu unit, naik 105 persen jika dibandingkan bulan yang sama pada 2019 (year on year).

Tesla, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, sudah berinvestasi besar di China untuk membuat pabrik perakitan mobil maupun baterai. Korporasi otomotif paling bernilai di dunia yang didirikan oleh jenius nyentrik Elon Musk tersebut juga dikabarkan berminat membangun pabrik di Indonesia, tepatnya di Kawasan Industri Batang, Jawa Tengah.


Meski secara volume penjualan mereka jauh di bawah korporasi – korporasi otomotif besar macam Toyota maupun General Motors, performa Tesla di bursa saham amat gemilang. Ini membuat Elon Musk sekarang menjadi orang terkaya kedua di dunia. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar