4 Tol dan 2 Halte TransJakarta Ini Sekarang Punya Kamera Tilang Elektronik

Berita Otomotif

4 Tol dan 2 Halte TransJakarta Ini Sekarang Punya Kamera Tilang Elektronik

JAKARTA – Perangkat Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE/tilang elektronik) sudah terpasang di empat ruas tol Ibu Kota dan dua halte TransJakarta.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan ada empat kamera tilang elektronik yang dipasang di empat ruas tol berbeda di Jakarta. Seluruh kamera merupakan milik PT. Jasa Marga.

“Itu ada di Jalan Tol Prof Sedyatmo, Tanjung Duren, Jorr, terakhir Cikampek,” ujar Yusri pada akhir pekan lalu, seperti dikutip dari laman daring NTMC Polri.

Pemasangan alat pemantau untuk tilang elektronik di jalur bebas hambatan melengkapi penyematan perangkat serupa di halte TransJakarta sebelumnya. Ada dua kamera di dua lokasi yaitu Halte Duren Tiga plus Halte Imigrasi.

Pada September 2019, Polda Metro Jaya sudah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk menaruh kamera di 12 koridor TransJakarta. Koridor ke-13 tidak menjadi perhatian karena berada di jalur layang khusus.

Polda Metro Jaya bersama pihak-pihak terkait saat ini masih melakukan uji coba kamera. Yusri tidak menyebut sampai kapan uji coba ini berlangsung.

Teknologi ini sendiri pertama kali diterapkan di kota pusat pemerintahan dan ekonomi Indonesia pada akhir 2018. Namun, ketika itu, baru beberapa ruas Jl. Sudirman serta Thamrin yang kebagian.

Kamera tilang elektronik terus diperluas di berbagai lokasi jalan maupun fasilitas transportasi umum Jakarta. Pada tahun ini rencananya bakal ada penambahan 48 kamera.

Aparat keamanan bersama Jasa Marga diketahui pula akan menaruh kamera elektronik di berbagai ruas tol. Salah satu tujuannya adalah untuk memantau dan menindak mobil-mobil komersial yang kelebihan muatan atau dimensi (Over Dimension Over Load/ODOL).

Isu yang tidak kalah ramai beberapa waktu lalu adalah pemasangan kamera elektronik di Tol Layang Jakarta – Cikampek (Japek) II. Pasalnya, di tol layang terpanjang Indonesia ini berlaku pembatasan kecepatan maksimal 60 km/jam demi kenyamanan serta keamanan para pengguna infrastruktur. Tapi, saat pengoperasian tol pada akhir 2019, tilang elektronik belum aktif.

[Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support