Kaleidoskop 2021: Banyak Mobil Rp200 Juta-an Baru yang Menggoda

Berita Otomotif

Kaleidoskop 2021: Banyak Mobil Rp200 Juta-an Baru yang Menggoda

JAKARTA - 2021 ditandai penyegaran model dari banyak kendaraan Rp200 juta-an di Indonesia. Ada pula kehadiran mobil-mobil ‘murah’ baru yang hadir perdana di pasar.

Meski pandemi Covid-19 masih melanda Tanah Air, catatan pemberitaan Mobil123.com menunjukkan pasar roda empat nasional lebih dinamis pada tahun ini. Dari segi produk, beragam model mobil ‘murah’ meluncur.

All New Daihatsu Xenia

Ada yang merupakan versi penyegaran dari model yang sudah ada sebelumnya. Tapi, ada pula pilihan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Mobil-Mobil Rp200 Juta-an Baru dari Merek Lima Besar

Lima merek mobil terpopuler di Indonesia yakni Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, Honda, maupun Suzuki melancarkan ‘godaan’ masing-masing pada 2021 di segmen Rp200 juta-an.

Dari semua nama di atas, lampu sorot paling terang mungkin pantas diarahkan pada munculnya generasi ketiga Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang resmi mengaspal pada November kemarin.

Pada generasi termutakhir dari duet ‘mobil sejuta umat’ ini pula, Veloz yang awalnya ‘hanya’ varian termewah dari Avanza kemudian dipisahkan menjadi satu model tersendiri.

Bukan itu saja kejutan Toyota-Daihatsu pada 2021. Pada April, mereka merilis pula duo SUV lima penumpang dengan mesin bensin 1.0-liter turbo bernama Raize dan Rocky.

Lalu, pada Juninya, menyusul Raize serta Rocky bermesin bensin 1.2-liter.

Mitsubishi juga mencuri perhatian pada bulan ke-11. Mereka menerjunkan versi facelift dari Xpander plus Xpander Cross.

Honda memperkenalkan City hatchback yang tipe terbawahnya masih berbanderol on the road (OTR) Jakarta Rp200 jutaan pada Maret. Lanjut di September, ada All-New BR-V.

Harga dari generasi kedua BR-V itu baru diumumkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), dua bulan setelahnya.

Dalam GIIAS, Suzuki pun coba merayu pasar dengan Ertiga Sport Limited Edition. Hanya 125 unit yang disediakan untuk seluruh Indonesia.

Semua model yang disebut di atas tahun ini tereduksi harganya berkat insentif Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen dari pemerintah.

Jika kebijakan ini sudah tidak ada, bisa jadi ada yang banderolnya naik menjadi paling murah Rp300 jutaan. Misalnya saja City hatchback yang kini mulai dari Rp292 juta OTR Jakarta.

Mobil-Mobil Rp200 Juta-an Baru dari Merek Lain

Di samping para ‘raksasa’, terdapat pula model-model baru Rp200 juta dari beragam merek mobil lain.

Wuling, merek asal China, sebenarnya malah melakukannya lebih dulu daripada yang lain dengan merilis Confero facelift.

Multi purpose vehicle (MPV) sekelas Avanza, Xenia, Xpander yang mendapatkan insentif PPnBM itu dihadirkan pada Maret.

Selanjutnya ialah Renault yang meluncurkan Kiger pada Agustus.

SUV compact satu ini diimpor oleh merek asal Prancis tersebut dari India untuk bersaing dengan Raize-Rocky.

MG, merek asal Inggris yang telah dibeli China, memperkenalkan ZS facelift pada September 2021 yang harga tipe terbawahnya dimulai dari Rp200 juta OTR Jakarta.

Terakhir adalah Hyundai. Merek asal Korea Selatan ini menerjunkan Creta, SUV dengan banderol OTR Jakarta mulai Rp279 juta, pada November.

Dari serentetan mobil 'murah' baru pada 2021, adakah yang membuat Mobilovers tergiur? [Xan]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas berkualitas <<<<<



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar