Kaca Film ini Diklaim Anti Virus dan Bakteri, Begini Ceritanya

Berita Otomotif

Kaca Film ini Diklaim Anti Virus dan Bakteri, Begini Ceritanya

JAKARTA - ICE-µ Premium Window Film meluncurkan kaca film anti virus dan bakteri bernama ICE-µ RIKEGUARD® serta lapisan film transparan RIVEX. Produk ini telah banyak digunakan di Jepang, diapilikasi di jendela dan berbagai panel sentuh.

Keunggulan menangkal virus dan bakteri dari ICE-µ RIKEGUARD® sendiri sudah diakui serta telah mendapat sertifikasi dari SIAA (Society of International sustaining growth for Antimicrobial Articles) yang merupakan lembaga pengujian antimikroba di Jepang. Lembaga ini dikelola berdasarkan pedoman dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang. 

Menurut Arta Alfatha, Brand Manager PT Global Auto International (GAI) yang merupakan agen pemegang merek ICE-µ Premium Window Film mengatakan bahwa keunggulan RIKEGUARD® mampu menonaktifkan virus sampai dengan 99,9 persen. Hal tersebut merupakan hasil pengujian dari SIAA untuk mengetahui efektifitas produk ini dalam menghadapi semua virus dan bakteri yang menempel pada kaca film.

Kaca Film ini Diklaim Anti Virus dan Bakteri, Begini Ceritanya
"Selain itu ICE-µ RIKEGUARD® juga memiliki tingkat transparansi tinggi, sehingga sangat optimal untuk jendela dan layar dengan transmitansi yang mirip kaca. Lapisan RIKEGUARD® juga mudah dipasang serta daya tahannya mampu mencapai tahun dalam kondisi lingkungan normal," jelas Arta pada acara peluncuran secara virtual (Kamis, 8/10/2020).

Ia juga menambahkan bahwa lapisan kaca film RIKEGUARD® menggunakan agen antivirus yang menarik virus dan bakteri bermuatan negatif. Agen antivirus bermuatan positif bereaksi dengan kelembaban di udara untuk menghasilkan oksigen aktif. 

Kemudian, daya oksidasi yang tinggi dari oksigen aktif menghancurkan selubung pelindung mikroba. Virus serta bakteri dinetralkan dalam proses ini, menjadikannya rentan dan tidak aktif.

Produk ICE-µ RIKEGUARD® sendiri terdiri dari RT70RG, RG70, dan RG40 untuk kaca mobil bagian depan, serta RG20 juga RG10 untuk kaca mobil bagian samping serta belakang. PT GAI menawarkan produk kaca film anti virus dan anti bakteri ini mulai Rp 2.500.000 untuk mobil kecil, Rp 3.000.000  mobil sedang serta Rp 3.500.000 mobil besar. 

Demi menjamin kepuasan pelanggan, PT GAI juga memberikan jaminan purna jual selama 5 tahun.Untuk memastikan keaslian ICE-µ RIKEGUARD®, setiap pemasangan konsumen akan mendapatkan buku garansi, kartu garansi, certificate of authenticity serta sticker kaca RIKEGUARD® dan SIAA. 

“Semua kelengkapan ini merupakan salah satu cara konsumen untuk mengetahui keaslian produk kami,” kata Arta.

Sementara produk lainnya adalah lapisan film transparan Rivex yang dapat digunakan untuk jendela serta permukaan di mana rentan menjadi tempat penularan virus dan bakteri. Rivex diklaim bisa menjaga agar virus dan bakteri menjadi non reaktif juga tidak akan berpindah tempat.

Rivex ditawarkan dalam 2 pilihan varian. Pertama Rivex KV210 yang dapat dipasang sebagai lapisan pada permukaan tidak rata seperti pada tombol vending machine, tombol lift, tombol ATM, partisi kaca dan lainnya. Varian ini memiliki ketebalan 75 µM dan mudah dipotong. 

Kedua adalah Rivex AB yang dapat dipasang pada permukaan lebih rata seperti layar gadget, layar sentuh, layar monitor TV, layar ATM, partisi gedung juga partisi kaca. Varian ini memiliki ketebalan 165 µM dan tahan terhadap goresan.

Kaca Film ini Diklaim Anti Virus dan Bakteri, Begini Ceritanya
PT GAI pada kesempatan ini juga menghadirkan produk bernama Repty yang merupakan lapisan pelindung untuk smart phone. Lapisan ini diklaim dapat membantu mengurangi penyebaran virus dan bakteri hingga 99,9 persen sekaligus menjadi pelindung layar gadget. Varian Repty AB memiliki ketebalan 295 µM dan tingkat kekerasan hingga 4H. 

Info lainnya, produk ICE-µ Premium Window Film kini tidak lagi berada di bawah Konica Minolta. Sejak 1 April 2020, kepemilikannya diakuisisi oleh Riken Technos Corporation.

"Perubahan kepemilikan ini semakin menegaskan kualitas produk-produk kami dalam hal teknologi kaca film. Kompetensi Riken Technos Corporation dalam inovasi kaca film telah menghasilkan produk yang terbukti secara efektif mampu menonaktifkan virus dan bakteri yang menempel di kaca film kendaraan," jelas Andi Setiawan, Presiden Direktur PT GAI. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar