Mitsubishi Xpander Laris Dipesan, Jumlahnya Setara 10 Persen Pasar Mobil Indonesia

Berita Otomotif

Mitsubishi Xpander Laris Dipesan, Jumlahnya Setara 10 Persen Pasar Mobil Indonesia

JAKARTA – Mitsubishi Xpander, dalam kurun 13 bulan setelah meluncur pada Agustus 2017, diklaim telah membukukan pemesanan 100 ribu unit atau setara 10 persen total pasar mobil Indonesia per tahun. Hanya sebagian kecil pemesanan yang belum dikirimkan kepada konsumen.

Xpander menjalani debut global di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Multi purpose vehicle (MPV) yang bersaing dengan model-model seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga ini dibebani misi berat sebagai tulang punggung penjualan baru Mitsubishi.

Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation, mengklaim model ini sendirian mampu membukukan total pemesanan ratusan ribu unit sejak meluncur hingga akhir September kemarin. Xpander membuat Indonesia sementara ini menjadi pasar nomor satu Mitsubishi secara global, mengalahkan China, Amerika Serikat, hingga Jepang.

“Sampai akhir September kami telah menerima pemesanan sebanyak 100 ribu unit. Saya senang dan apa yang dicapai oleh Xpander sedikit di atas ekspektasi kami,” papar dia dalam konferensi pers investasi penambahan kapasitas produksi Xpander pada 2020, pertengahan pekan ini di Jakarta.

Sebagai informasi, sejak 2012, pasar mobil nasional sudah menembus penjualan wholesales minimal 1 juta unit per tahun. Pada 2017, pasar berjumlah 1,079 juta unit dan pada tahun ini diperkirakan bakal naik sedikit menjadi 1,1 juta unit.

Respons pasar terhadap Xpander memang di luar perkiraan dan kesiapan Mitsubishi. Tak heran, pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, sempat kewalahan memenuhi permintaan sehingga inden sempat mencapai lebih dari enam bulan.

Namun, inden saat ini diklaim sudah bisa dikurangi hingga ‘hanya’ 1 – 2 bulan. Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menjelaskan bahwa dari 100 ribu pemesanan sampai September, pihaknya masih mempunyai ‘pekerjaan rumah’ mendistribusikan sebagian kecil di antaranya.

“Lebih dari 10 ribu konsumen menunggu (unit Xpander). Tugas saya adalah mengirimkannya kepada mereka secepat mungkin,” tandasnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar