Jokowi Buka GIIAS 2018

Berita Otomotif

Jokowi Buka GIIAS 2018

SERPONG – Presiden Joko Widodo membuka Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 pada awal Agustus, setelah sebelumnya juga membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 pada April. Ini adalah tahun pertama Jokowi, sapaan akrabnya, menghadiri dan membuka pameran otomotif setelah menjabat sebagai presiden sejak 2014.

GIIAS 2018 berlangsung pada 2 – 12 Agustus di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. Tahun ini, pameran diikuti oleh 25 merek mobil dan 11 merek sepeda motor.

Jokowi hadir didampingi antara lain oleh Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian; Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian; dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu, ada pula para pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Masa jabatan Jokowi sendiri sebagai presiden tersisa sekitar setahun. Pada 2019, dirinya dipastikan bakal maju lagi di Pemilihan Umum Presiden.

“Saya harus berkata jujur apa adanya. Ini adalah pertama kalinya saya ke sini,” kata Jokowi polos di dalam kata sambutannya pada Kamis (2/8/2018) di Serpong, Tangerang.

Biasanya, pameran otomotif dibuka oleh wakil presiden. Apa yang dilakukan oleh Jokowi merupakan torehan tersendiri bagi dua pameran otomotif berskala nasional yaitu IIMS dan GIIAS.

Airlangga Hartarto sendiri sempat berkelakar mengenai Pemilu Presiden 2019 dalam kata sambutan. Seperti diketahui, Airlangga memang merupakan Ketua Umum Partai Golkar yang juga partai koalisi Jokowi.

"Hari ini adalah 2 Agustus. Industri otomotif juga sudah siap mengimplementasikan bahan bakar biosolar B20. Ada angka 2 di situ, Pak Jokowi. Jadi, masyarakat industri siap jika bapak presiden untuk dua periode," selorohnya.

Luncurkan Mobil Perdesaan
Jokowi kemudian memberitahukan mengenai pentingnya industri otomotif terhadap kemajuan perekonomian nasional. Menurut dia, industri otomotif merupakan lima besar eksportir non-migas.

“Industri otomotif peringkat empat besar ekspor di sektor non-migas dengan nilai 3,45 miliar dollar AS (Rp 49,85 triliun),” ujar dia.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, menjelaskan ekspor otomotif pada Januari – Juni sendiri berjumlah 110.135 unit completely built-up (CBU), turun sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena hambatan non-tarif dari Vietnam, salah satu tujuan ekspor Indonesia. Sementara itu, ekspor komponen naik 6,1 persen menjadi 635 ribu.

Yohannes kemudian menjelaskan bahwa GIIAS 2018 adalah pameran otomotif edisi ke-26 yang diselenggarakan oleh Gaikindo. Tahun ini, GIIAS mengangkat tema Beyond Mobility dengan tujuan ingin menunjukkan evolusi moda transportasi dari sekadar alat angkut menjadi alat yang turut meningkatkan kualitas hidup manusia.

“Ada lebih dari 40 peluncuran mobil baru dan mobil konsep, termasuk world premiere (peluncuran pertama di dunia,” tandas Nangoi.

Di dalam kesempatan yang sama, Jokowi pun ikut meluncurkan mobil perdesaan yang disebut Alat Mekanik Multiguna Perdesaan (AMMDes). Mobil perdesaan akan mulai diproduksi pada awal 2019 dengan kapasitas awal 3.000 unit per bulan dengan tujuan sebagai moda transportasi mutifungsi untuk pertanian maupun sehari-hari. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar