Jokowi Dijadwalkan Buka GIIAS 2019

Berita Otomotif

Jokowi Dijadwalkan Buka GIIAS 2019

JAKARTA - Orang nomor satu di Indonesia rencananya akan hadir dan membuka di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Informasi tersebut datang dari Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Menurut dia, Presiden Joko Widodo sampai detik ini dijadwalkan hadir di pameran otomotif tersebut.

“Kami tinggal dua minggu lagi menuju pembukaan GIIAS 2019. GIIAS kali ini adalah yang ke-27 dan In Syaa Allah akan diselenggarakan pada 18 - 28 Juli di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong. Rencananya pameran bakal dibuka sendiri oleh Presiden RI Pak Jokowi,” tandas dia dalam konferensi pers ketiga GIIAS 2019 pada Selasa (2/7/2019) di Jakarta.

Dari tahun ke tahun, pejabat negara yang membuka GIIAS selalu mengitari pameran tersebut untuk menyapa para eksebitor dan melihat-lihat mobil baru yang akan meluncur. Jokowi melakukannya saat membuka GIIAS 2018 dan kemungkinan besar aktivitas ini juga bakal ia ulangi pada GIIAS edisi tahun ini.

GIIAS 2019 sendiri nantinya diikuti 20 merek mobil penumpang, 10 merek mobil niaga, 11 merek sepeda motor. Ada pula lebih dari 300 industri pendukung.

Merek-merek kendaraan penumpang adalah Isuzu, Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Jeep, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volskwagen dan Wuling. Di bagian kendaraan niaga, terdapat DFSK, FAW, Mitsubishi Fuso, Hino, Isuzu, Tata Motors, UD Trucks, Adi Putro, Laksana dan Tentrem. Sementara di segmen roda dua ada Benelli, Honda, Harley-Davidson, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Suzuki, Piaggio, Vespa serta Viar

Sejauh ini, pihak penyelenggara menginformasikan ada lebih dari 20 peluncuran mobil baru plus mobil konsep di sana dengan status world premiere, Asia premiere, South East Asia, serta Indonesia premiere. Jumlahnya bisa bertambah lagi di hari-H.

Sayang, detail model yang akan meluncur masih rahasia. Hanya saja, Nangoi menjanjikan bakal ada lebih banyak mobil listrik, baik itu hybrid, plug-in hybrid electric vehicle (PHEV), atau mobil listrik murni karena pasar otomotif Indonesia sebentar lagi bakal memasuki era tersebut.

“Area bernama Beyond Technology akan tetap diadakan sehingga para pengunjung bisa merasakan pengalaman dari berbagai teknologi yang disampaikan berbagai merek kendaraan,” tambah Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS 2019. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar