Demo Buruh Depan Istana, Jl. Medan Merdeka Barat Ditutup Sementara

Panduan Pembeli

Demo Buruh Depan Istana, Jl. Medan Merdeka Barat Ditutup Sementara

JAKARTA – Demonstrasi buruh gabungan dari tiga provinsi di depan Istana Negara hari ini membuat Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat harus ditutup sementara.

Demo tersebut, seperti dikutip dari situs resmi NTMC Polri, berlangsung pada Kamis (30/1/2020) siang ini. Massa merupakan buruh yang berunjuk rasa menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Berdasarkan penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, ada beberapa hal yang meresahkan buruh dalam RUU ini. Di antaranya adalah soal cuti hamil buruh yang tak diatur di dalamnya, penghilangan sanksi bagi pengusaha yang tidak memberikan hak-hak buruh, pelonggaran penggunaan tenaga kerja asing, serta sistem upah berdasarkan penghitungan jam.

Lebih lanjut, menurut Kepala Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat Komisaris Besar Pol. Heru Novianto, buruh-buruh itu berasal dari DKI Jakarta, Banten, maupun Jawa Barat. Massa membawa alat peraga berupa spanduk hingga mobil komando.

Mereka kini sudah hadir di Taman Pandang. Jumlah para demonstran itu terpantau mencapai ratusan orang.

Aksi protes mendapat pengamanan dari personal kepolisian yang telah bersiaga di lokasi dan melakukan barikade. Sebagai efek dari penyampaian pendapat tersebut, arus lalu lintas Jl. Medan Merdeka Barat dari arah Harmoni ke Hotel Indonesia ditutup.

Penutupan jalan tidak dilakukan dua arah. Pasalnya, arah sebaliknya dari Hotel Indonesia kea rah Harmoni menuju Jl. Medan Merdekat Barat tetap dibuka.

Kombes Heru mengatakan situasi saat ini terkendali. Massa melakukan unjuk rasa dengan tertib.

“Kondusif, masih bisa terkontrol. Jalur yang kita tutup hanya di Medan Merdeka Barat saja. Yang lain masih terbuka sesuai dengan biasanya,” tuturnya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support