Jip Jagoan Tambang Toyota akan Jadi Mobil Listrik

Berita Otomotif

Jip Jagoan Tambang Toyota akan Jadi Mobil Listrik

SYDNEY - Toyota Land Cruiser 70 bertenaga motor listrik sedang diujicoba di Australia, dalam hal ini Toyota bekerja sama dengan perusahaan tambang.

Toyota Land Cruiser 70 identik dengan sebuah jip atau SUV penjelajah melintasi medan-medan berat. Mobil ini biasa dipakai para ilmuan melakukan ekspedisi di gurun hingga hutan-hutan belantara atau dimanfaatkan oleh perusahaan tambang untuk wara-wiri di site mereka.

Salah satu modal dari ketangguhan Land Cruiser 70 bermain di medan berat adalah  mesin 4,5 L V8 Turbo-diesel bertenaga 202 hp dengan torsi 430 Nm. Berkolaborasi apik dengan sistem transmisi dan penggerak yang juga punya kemampuan serta determinasi tinggi.

toyota land cruiser 70 EV

Lalu apa jadinya jika di masa depan sumber tenaga tersebut diganti dengan motor listrik?.

Toyota Australia saat ini sedang melakukan ujicoba Land Cruiser 70 single cabin menggunakan motor listrik. Dalam hal ini mereka bekerjasama dengan perusahaan tambang BHP.

Matthew Callchor, CEO dan Presiden Toyota Australia mengatakan bahwa proyek ini adalah bukti atas komitmen Toyota juga BHP menyambut masa depan tanpa emisi. Kedua perusahaan sendiri sudah bermitra cukup lama, sekitar lebih dari 20 tahun.

toyota land cruiser 70 EV
"Proyek ini adalah bukti bagus bagaimana kita berdua dapat bekerjasama sebagai perusahaan terkemuka di industri kita masing-masing untuk mengubah masa depan," lanjut Matthew.

Divisi product planning and development Toyota sendiri saat ini sedang melakukan pengujian di Nickel West BHP. Land Cruiser 70 single cabin EV ini juga akan mendapatkan serangkaian ujicoba lanjutan di Australia Selatan dan Queensland.

toyota land cruiser 70 EV 
Sayang sampai berita ini dibuat belum ada data teknis seputar Land Cruiser 70 EV. Belum diketahui pasti motor listrik dan sistem penggerak apa yang digunakan juga kapasitas serta kekuatan baterainya. Namun yang jelas tenaga dari motor listrik tersebut minimal akan sama baiknya dengan mesin turbo diesel saat ini sangat diandalkan Toyota.

Edgar Basto, BHP President of Minerals Australia, mengatakan bahwa fokus mereka adalah bagaimana untuk mereduksi emisi gas buang. Terutama saat mereka melakukan kegiatan tambang di masa depan agar lingkungan dapat terus terjaga.

“Mengurangi ketergantungan pada diesel dalam operasi kami akan membantu mencapai target jangka menengah untuk mengurangi emisi operasional hingga 30 persen pada tahun 2030," tutup Edgar. [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar