Jenis Vespa Matik yang Beredar di Indonesia Lengkap dengan Harganya

Berita Otomotif

Jenis Vespa Matik yang Beredar di Indonesia Lengkap dengan Harganya

Jenis Vespa matik yang dipasarkan di Indonesia cukup beragam mulai dari harga puluhan juta hingga mencapai ratusan juta. Motor-motor asal Italia ini memiliki penggemarnya masing-masing mulai dari anak muda hingga kolektor.

Vespa sebagai motor skuter ikonik asal negeri Pizza ini sudah eksis sejak 1950-an. Bentuknya yang khas dan dipertahankan hingga saat ini, membuat penggunanya memiliki kebanggan tersendiri.

Pada zaman dahulu, Vespa dipasarkan dalam bentuk skuter dengan mesin 2-Tak. Jantung pacunya yang berada di sebelah kiri menjadi salah satu keunikkan dari kendaraan ini.

Meskipun bentuknya terlihat sederhana, motor ini sangat diandalkan sebagai armada untuk membawa barang-barang penting pada zaman perang. Kemampuan mesinnya yang andal membantu para prajurit di medan perang.

Mesin 2-Tak yang dianggap menjadi salah satu penyebab polusi udara, kini sudah ditinggalkan oleh semua produsen kendaraan termasuk Vespa. Gantinya mesin 4-Tak yang lebih ramah lingkungan dan masih dipertahan hingga saat ini.

Eranya Vespa 4-Tak terus berkembang seiring dengan kemajuan zaman. Inovasi teknologi disematkan untuk memenuhi kebutuhan para penggemarnya.

Pengguna Vespa akhir-akhir ini kian bertambah, demikian pula dengan model yang ditawarkan semakin variatif, sehingga membuat konsumen lebih leluasa menentukan pilihan.

Pemetaan usia konsumen juga lebih terukur dengan banyaknya model hingga varian Vespa.

Di Indonesia, Vespa klasik dan model terbaru memiliki karakter yang cukup berbeda. Meskipun begitu, rasa persaudaraan antara para pemiliknya masih cukup tinggi dan menjadi nilai lebih dari kendaraan.

Vespa matik di Indonesia dipasarkan dengan harga termurahnya Rp30 jutaan. Sementara termahalnya bisa mencapai ratusan juta, belum lagi jika unit tersebut merupakan edisi terbatas yang berkolaborasi dengan pihak tertentu.

Untuk Anda yang ingin meminang Vespa matik, sebaiknya kenali lebih dahulu model-model yang ditawarkan oleh PT Piaggio Indonesia (PID) selaku Agen Pemegang Merek (APM).

Berikut jenis Vespa matik yang diniagakan di Indonesia: 

  • Vespa LX 125 I-Get

Model ini merupakan unit termurah dan paling terjangkau dari Vespa. Skuter ini merupakan unit yang diboyong secara utuh dari Vietnam.

Mesin yang ditanam pada kendaraan ini memiliki kubikasi 124.5cc satu-silinder berpendingin udara. Tenaga mesinnya diklaim mencapai 10.1 hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 10.2 Nm pada 6.000 rpm.


Vespa Matic Indonesia

Jantung mekanisnya diklaim telah memiliki sertifikat Euro3. Hasil ini didapat berkat pembakarannya telah mengandalkan sistem injeksi. Teknologi I-Get yang disematkan juga berperan untuk meningkatkan efisiensi kendaraan.

Motor dengan dimensi paling kecil dari seluruh jajaran Vespa matik ini menggunakan lampu depan bulat yang menjadi ciri khasnya.

Saat ini pilihan warnanya juga cukup beragam, yakni Blue Capri, Orange Corallo dan Yellow Lime.

Vespa LX 125 I-Get dipasarkan dengan harga Rp38.7 juta on the road (OTR) Jakarta.

  • Vespa S 125 I-Get

Vespa matik satu ini memiliki dimensi yang mirip dengan versi LX. Tampilannya juga cukup identik dengan versi termurahnya meskipun terdapat beberapa sentuhan yang membuatnya beda.

Perbedaan paling kentara terdapat pada lampu depan dengan bentuk kotak. Lampu bentuk kotak ini memang jauh dari nilai ikonis Vespa yang khas, tapi tetap memiliki penggemarnya sendiri.
Vespa Indonesia Murah

Vespa S juga menggunakan mesin yang sama yakni 124.5cc satu-silinder berpendingin udara. Sumber daya kendaraan ini dipercaya mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 10.1 hp pada 7.600 rpm dan torsi puncak 10.2 Nm pada 6.000 rpm.

Tenaga tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi CVT (Continuous Variable Transmission).

Teknologi mesinnya juga masih sama yakni mengandalkan 3 katup dan I-Get.

Mesin ini telah memiliki sertifikat Euro3 sehingga lebih ramah lingkungan.

Vespa S 125 I-Get ditawarkan dengan pilihan warna Orange Taormina, Yellow Sole dan Black Vulcano.

Sementara harga OTR Jakarta Vespa S 125 I-Get Rp40.2 juta.

  • Vespa Primavera

Model satu ini memiliki dimensi lebih panjang daripada LX 125 I-Get dan S 125 I-Get. Sementara lebarnya justru lebih ramping dari kedua model tersebut.

Motor ini dibekali dengan mesin bekapasitas 154.8cc satu-silnder berpendingin udara. Jantung pacu ini diyakini mampu menghasilkan daya sebesar 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm.

Vespa Primavera dipasarkan dengan harga Rp46 juta OTR Jakarta dan ditawarkan dalam pilihan warna Orange Tramonto, Grey Materia dan White Innocenza.

  • Vespa Primavera S

Vespa Primavera ditawarkan dalam dua varian, tapi kali ini kami akan membahas versi S atau yang lebih mahalnya. Perbedaan antara masing-masing varian tidak terlalu signifikan, hanya pada aksesorinya saja.

Vespa Primavera S tidak menggunakan ornamen-ornamen krom seperti pada versi sebelumnya. Lalu joknya juga tidak menggunakan warna yang kontras

Primavera S ditujukan bagi pengguna yang lebih berani.
vespa Indonesia

Mesinnya juga sama persis dengan versi tanpa S, yakni kapasitasnya 154.8cc satu silinder berpendingin udara. Sumber daya kendaraan ini dipercaya mampu menghasilkan tenaga 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 12 Nm pada 5.000 rpm.

Pada versi S ini terdapat suspensi belakang yang telah dilengkapi dengan pengaturan kekerasan. Sistem ini bekerja dengan empat tipe setelan, sehingga memungkinkan penggunanya mendapatkan handiling yang diinginkan.

Vespa Primavera S dipasarkan dengan harga Rp48.5 juta.

Pilihan warnanya meliputi Black Vulcano, Green Relax dan Grey Delicato.

  • Vespa Sprint

Model ini diklaim paling laris di Indonesia meskipun tidak ada yang tahu berapa jumlah pastinya.

Vespa Sprint ditawarkan dengan dua pilihan varian sama seperti Primavera.

Sprint dijejalkan dengan mesin 154.8cc satu-silnder berpendingin udara. Mesin ini diyakni mampu memuntahkan tenaga sebesar 11.6 hp pada 7.500 rpm dan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm.

Model dengan lampu kotak ini dijual dengan harga 49 juta OTR Jakarta dan pilihan warnanya meliputi White Innocenza, Red Passione, dan Black Vulcano.

  • Vespa Sprint S

Vespa Sprint S memiliki pembeda dari versi standarnya. Pada versi S terdapat list merah pada bagian dasi dan bodi samping.
Vespa-vespa Matic

Selain itu joknya memiliki tekstur bergaris sebagai pembeda dari varian di bawahnya. Meskipun perbedaan keduanya tidak terlalu signifikan harganya berbeda.

Vespa Sprint S dipasarkan dengan harga Rp51.5 juta OTR Jakarta dan pilihan warnanya meliputi Blue Audace, Yellow Sole, Grey Materia dan Balck Opaco.

  • Vespa GTS Super 150

GTS Super 150 merupakan model Vespa dengan bodi yang cukup gambot dan memiliki nilai historis yang cukup panjang.

Bodinya serba bulat, sehingga memberikan pemandangan ciamik bagi siapapun yang melihatnya.

Model ini dibekali dengan mesin 155.1cc satu-silnder berpendingin cairan. Adapun daya maksimalnya sebesar 14 hp pada 8.250 rpm dan torsinya mencapai 13.5 Nm pada 6.750 rpm.

Unit ini masih merupakan rakitan dari Vietnam seperti unit-unit tersebut di atas.

Beberapa dari pemiliknya kerap mengeluhkan kualitas motor rakitan Vietnam tersebut.
jenis-jenis Vespa

Vespa GTS Super 150 dipasarkan dengan harga Rp63 juta. Motor matik ini punya tiga pilihan warna, Green Relax, White Innocenza dan Black Vulcano.

Model ini juga memiliki varian Super Sport, perbedaanya terdapat pada teknologi mesin. Mesin GTS 150 Super Sport telah dilengkapi dengan sistem start and stop juga ada sensor kemiringan yang dapat mematikan mesin.

Lalu adapula sentuhan list merah yang membuat Vespa GTS 150 Super Sport terlihat lebih sporty.

Vespa GTS 150 Super Sport dipasarkan dengan harga Rp65.5 juta dan warnanya hanya Yellow Sole dan Grey Materia.

  • Vespa GTS Super Tech 300

Skuter satu ini masih di impor dari Vietnam, mesinnya diboyong langsung dari negeri asalnya yakni Italia.

Motor ini dikatakan sebagai unit paling berteknologi dari model-model di bawahnya.

Mesinnya berkapasitas 278.3cc satu-silinder berpendingin cairan.
Vespa Matic

Jantung mekanis tersebut dipercaya mampu menghasilkan 23.4 hp pada 8.250 rpm dan torsi 26 Nm pada 5.250 rpm.

Vespa GTS Super Tech 300 ditawarkan dengan harga Rp154.2 juta OTR Jakarta. Banderol segini sudah setara dengan sebuah mobil di segmen LCGC (Low Cost Green Car), maka dari itu, pembelinya berasal dari orang-orang yang punya dana lebih.

  • Vespa GTV Sei Giorni II Edition

Vespa GTV Sei Giorni II Edition masuk ke dalam edisi khusus karena terdapat embel-embel kolaborasi di bodinya.

Motor ini dijual dalam jumlah terbatas meskipun tidak disampaikan berapa jumlah unit yang disediakan

jenis Vespa

Vespa ini memiliki ciri khas unik, yakni penempatan lampu utama yang berada di spakbor depan. Sementara di bagian alat kemudi hanya terdapat windshield yang memberikan kesan sporty.

Unit ini dipasarkan dengan harga Rp156.2 juta OTR Jakarta dengan balutan warna yakni Grey Titanio.

  • Vespa 946

Ini merupakan salah satu model Vespa yang egois karena hanya menyediakan satu jok untuk pengendara saja. Model ini mencoba mengingatkan para pencinta Vespa dengan model yang legendarisnya.
Jenis Vespa Matic

Piaggio Indonesia menyediakan aksesori jok belakang untuk penumpang.

Vespa kelas sultan ini hadir dengan harga yang mencapai Rp200 jutaan saat pertama kali diperkenalkan di Indonesia.

Unit ini juga menjadi salah satu incaran kolektor, karena kerap berkolaborasi dengan brand-brand terkemuka. Walhasil harganya akan semakin meningkat dan hanya bisa dibeli kaum sultan. [Dew/Ses]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar