Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jenis dan Cara Memakai Dempul Mobil Agar Bodi Bagus Kembali

Berita Otomotif

Jenis dan Cara Memakai Dempul Mobil Agar Bodi Bagus Kembali

Salah satu solusi memperbaiki bodi mobil yang penyok dan baret dengan memakai dempul. Cara dan jenis dempul mudah dimengerti.

Memakai dempul untuk membuat bodi mobil bagus kembali sebenarnya tidak harus dilakukan oleh tenaga profesional. Para pemilik mobil pribadi pun dapat melakukannya sendiri asalkan tahu cara pengaplikasiannya yang benar.

Selain itu, mendempul bodi mobil secara mandiri bisa dikatakan lebih murah dan hemat. Misalkan, saat membeli mobil seken yang ternyata ada bekas goresan atau penyok di bodi, pembeli tidak perlu membawanya ke bengkel lagi dan mengeluarkan biaya tambahan.

Cukup dengan membeli dempul mobil, memperbaiki bodi yang cacat bisa dilakukan sendiri garasi rumah.

Lantas bagaimana cara menggunakan dempul yang baik dan benar? 

Jenis Dempul

Sebelum menggunakan dempul, ada baiknya ketahui dahulu jenis dempul. Berikut ini uraiannya.

Dempul Plamir

Dempul plamir biasanya disebut dempul epoxy putty. Dempul ini memiliki bahan dasar amine dan epoxy resin. Untuk memakai dempul jenis ini harus dicampur dengan thinner.

Dempul plamir memiliki keunggulan dalam hal daya rekat yang bagus dan anti karat. Poin plus tersebut menjadi alasan banyak pemilik mobil memilih dempul bahan dasar ini.

Satu-satunya kekurangan dari dempul plamir adalah prosesnya yang membutuhkan waktu lebih lama dari dempul jenis lain.

Dempul Plastik

Sesuai dengan namanya, dempul ini memiliki bahan dasar plastik. Nama lain dari dempul jenis ini adalah polyester putty.

Penggunaan dempul plastik yaitu dengan mencampurkan bahan plastik dengan pasta untuk membuat tekstur permukaan lebih keras. Pemakaian dempul plastik juga dibilang lebih cepat dibanding dempul plamir, karena proses pengeringannya tidak memakan waktu yang lama.

Namun, untuk pencampuran bahan plastik dan pasta dalam dempul ini perlu diukur secara hati-hati agar bisa mendapatkan hasil dempulan yang cepat kering dan mengeras.

Dempul Buatan

Jenis terakhir adalah dempul buatan atau lacquer putty. Bahan dasar dari dempul ini adalah campuran lapisan dasar dan bubuk talc.

Lapisan dasar sebagai campuran dari dempul jenis ini di antaranya acrylic resin dan nitrocellulose. Dempul ini biasanya hanya digunakan untuk bodi mobil yang tergores dengan cara dioles tipis-tipis.

Cara Memakai Dempul pada Bodi Mobil

Alat dan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan alat-alat dan bahan untuk mendempul mobil, seperti masker, penutup muka, sarung tangan, dempul, hardener (sepaket dengan dempul), kertas amplas, lap mikrofiber, palu, thinner, dan cat dasar.

Permukaan Bodi Mobil

Setelah alat dan bahan sudah siap, selanjutnya membersihkan area permukaan bodi mobil yang akan didempul. Pakai kain basah untuk menghilangkan segala debu dan kotoran, atau gunakan amplas jika terdapat bekas karat.

Selain dibersihkan, permukaan bodi harus rata. Gunakan palu untuk meratakan bagian yang penyok.

Campuran Dempul

Berikutnya adalah membuat campuran dempul. Campurkan produk dempul dan hardener dengan rasio yang tepat tergantung dengan jenis dempulnya. Setelah itu, campur lagi adonan dempul dengan cat dasar dan thinner dengan rasio 1:1.

Aplikasi Dempul di Bodi Mobil

Sebelum mengoles adonan dempul pada bodi mobil, lapisi terlebih dulu bagian bodi tersebut dengan hardener atau pengeras dempul. Setelah itu baru dempul diaplikasikan ke bodi. Gunakan scrap untuk meratakan dempul.

Lakukan pengolesan dempul sedikit demi sedikit namun bertahap. Setelah dempul pertama sudah mengering, aplikasikan lagi dempul di bodi. Pengulangan dilakukan hingga bentuk dempul pada bodi terlihat sempurna.

Setelah dempulan di bodi mobil sudah kering, ratakan dengan menggunakan kertas amplas. Setelah itu, bersihkan bekas amplas dengan menggunakan lap mikrofiber.

Tahap terakhir adalah mengecat bagian dempulan tersebut dengan warna cat sesuai dengan bodi mobil.

Tips Mendempul Mobil Sendiri

  • Ketika mendempul mobil, pastikan untuk selalu memakai alat-alat perlindungan seperti sarung tangan dan masker. Kalau ada pakai juga pelindung mata
  • Pastikan alat-alat yang dipakai untuk pengaplikasian dempul pada mobil tetap bersih. Dengan begitu, alat-alat seperti amplas dan body part fiber tidak ada bekas dempulan sisa dan menjadi lebih awet
  • Pastikan juga tempat pengerjaan pendepulan mobil baik, dalam artian suhu teratur dan ada ventilasi untuk sirkulasi udara, sehingga partikel-partikel toksin hasil pendempulan bisa terganti dengan udara segar, dan dempul tidak terekspos dengan suhu panas

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang