Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jelang Idul Adha, Pertamina Pastikan Stok BBM

Berita Otomotif

Jelang Idul Adha, Pertamina Pastikan Stok BBM

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region III memastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten aman menjelang libur Hari Raya Idul Adha 1437 H. 

Saat ini ketahanan pasokan Premium di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) adalah sebanyak 13,5 hari, Pertamax Series (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex) 14 hari, Solar 32 hari, LPG 5 hari, dan Avtur  4,2 hari.

Pertamina memperkirakan bahwa pada 9 – 12 September 2016, konsumsi Premium akan mengalami kenaikan sebanyak 3% di atas penyaluran normal yaitu sekitar 13.514 KL/hari. Sementara untuk Pertamax Series peningkatan diperkirakan 11% di atas penyaluran normal yaitu sekitar 14.051 KL/hari. 

Konsumsi Solar PSO akan mengalami penurunan sebanyak 4% di bawah rata-rata penyaluran normal selama tahun 2016, yaitu sekitar 8.074 KL/hari. Pertamina juga akan meningkatkan pasokan LPG, yaitu sebesar 4% dari alokasi penyaluran normal, yaitu 5.869 MT/hari. 

Di bidang aviasi, pasokan avtur di wilayah Jawa Bagian Barat yang meliputi DPPU Soekarno-Hatta, DPPU Halim Perdanakusuma, DPPU Husein Sastranegara, dan DPPU Pondok Cabe juga diperkirakan mengalami kenaikan sebesar 10% dari penyaluran normal, yaitu sebanyak 6.803 KL/hari. 

Khusus DPPU Halim Perdanakusuma yang merupakan Bandara Embarkasi Haji di wilayah Jawa Bagian Barat, rata-rata kebutuhan bahan bakar penerbangan sebanyak 400 KL untuk 5 penerbangan setiap harinya.

Untuk mendukung kelancaran distribusi dan ketahanan stock, Pertamina telah membentuk Posko Satuan Tugas (Satgas) guna pemantauan tersedianya BBM dan LPG. Tim ini akan terus beroperasi sejak H-3 sampai dengan H+1 setelah Idul Adha. 

Pertamina juga menyiapkan kantong BBM yaitu mobil tangki dengan muatan bbm akan disiapkan di SPBU yang berada di jalur rawan kemacetan. Fungsi dari kantong bbm tersebut adalah sebagai back up penyaluran. BBM dalam kemasan juga akan disiapkan di titik-titik strategis di sepanjang jalur mudik dan jalur arus balik.

“Masyarakat kami persilahkan mengunduh aplikasi PertaminaGo di telepon seluler untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat dan info-info promo di SPBU. Jika ada keluhan mengenai pembelian BBM dan LPG, silahkan hubungi tim kami yang siaga selama 24 jam di Contact Center Pertamina 1-500-000,” ujar Jumali selaku General Manager Marketing Operation Region III PT Pertamina (Persero). [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang