Jasa Marga Klaim Polusi Udara di Tol Masih Aman

Berita Otomotif

Jasa Marga Klaim Polusi Udara di Tol Masih Aman

JAKARTA – Jasa Marga menegaskan bahwa saat ini kualitas udara di kawasan jalan tol yang mereka operasikan masih cukup baik.

Hal ini terlihat dari jumlah polutan yang mereka ukur setiap semesternya. Pada tahu  2019, Jasa Marga mengklaim bahwa jumlah pulutan dari empat ruas tol yang mereka operasikan masih berada di bawah ambang bahaya.

Untuk kualitas udara dengan parameter debu, Tol Jakarta-Tangerang memiliki 222 µg/m3. Hasil ini masih di bawah ambang batas normal yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah RI No. 41 tahun 1999 yaitu 230 µg/m3.

Sedangkan tol Jakarta-Cikampek berada di bawahnya dengan angka 220 µg/m3. Selanjutnya tol CTC atau tol dalam kota mencapai angka 214 µg/m3. Tol Jagorawi menjadi ruas tol paling ramah lingkungan dengan angka 200 µg/m3.

Sedangkan untuk kualitas udara dengan parameter Hidrokarbon, angkanya menjadi sedikit berbeda. Tol Jakarta-Cikampek menjadi ruas tol yang paling banyak mengandung hidrocarbon dengan angka mencapai 141 µg/m3. Sementara untuk batas hidrokarbon yang diijinkan adalah 160 µg/m3.

Sedangkan tol Dalam Kota mencapai 139 µg/m3 dan tol Jakarta-Tangerang mencapai 135 µg/m3. Tol Jagorawi menjadi ruas tol dengan jumlah hirdrokarbon terkecil karena hanya pencapai angka 125 µg/m3 sepanjang tahun 2019.

Meski masih berada di bawah ambang batas, Jasa Marga tetap harus berbenah untuk mengatasi polusi udara di ruas tol yang mereka miliki. Maklum, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, jumlah kendaraan mobil penumpang sudah mencapai 16.440 987 unit, bis mencapai 2.538.182 unit dan mobil barang mencapai 7.778.544 unit.

BPS juga melihat bahwa jumlah kendaraan bermotor mengalami kenainakn rata-rata 6,58% per tahun. Bila tak ada tindakan yang dilakukan, maka polusi udara di ruas jalan tol akan melampaui ambang batas.

Langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan penanaman 42.000 pohon di sejumlah ruas tol Jasa Marga. Pohon yang dipilih adalah pohon produktif penghasil buah dan pohon pelindung dengan daya serap air tinggi.  Selain itu Jasa Marga juga menggalakkan kampanye Eco Driving yang diharapkan bisa mengedukasi pengemudi untuk berkendara aman namun tetap ramah lingkungan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar