Rumus Jarak Aman Berkendara untuk Hindari Tabrakan Beruntun

Panduan Pembeli

Rumus Jarak Aman Berkendara untuk Hindari Tabrakan Beruntun

JAKARTA – Jarak yang aman antar mobil yang sedang melaju di jalan tidak bisa dipatok hanya di satu ukuran tertentu. Pasalnya, hal tersebut sangat tergantung dengan kecepatan mobil.

Sudah banyak instruktur keselamatan berkendara yang mengatakan bahwa para pengemudi hanya memiliki sekian detik untuk mengerem dan memutuskan tindakan, saat kendaraan di depannya mengalami suatu gangguan seperti selip atau berhenti mendadak. Waktu untuk merespons menjadi semakin singkat jika laju kendaraan kita semakin cepat.

Karena itu, menjaga jarak aman antar kendaraan merupakan salah satu cara menghindari potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Persoalan tersebut kembali diingatkan oleh Traffic Management Center (TMC) Polda Metro, melalui akun Twitter resmi mereka @TMCPoldaMetro pada pertengahan pekan ini.

Menurut infografik yang mereka rilis, mobil yang sedang melaju dengan kecepatan 30 km/jam perlu menjaga jarak minimal 15 meter dengan kendaraan di depannya. Namun, jarak yang dianggap benar-benar aman adalah 30 meter.

Semakin dalam pedal gas kita injak, jarak dengan kendaraan di depan pun harus semakin lebar. Tiap penambahan kecepatan sebanyak 10 km/jam, jarak minimal mesti ditambah 5 meter. Jarak amannya sendiri selalu dua kali lipat dari jarak minimal.

Contohnya, di kecepatan 40 km/jam, jarak minimal adalah 20 meter dan jarak aman 40 meter. Saat berkendara di kecepatan 50 km/jam, jarak minimal adalah 25 meter dan jarak aman 50 meter.

Sementara itu, untuk kecepatan 60 km/jam, jarak minimalnya 30 meter dengan jarak aman 60 meter. Mobil-mobil yang melaju 70 km/jam diimbau menjaga jarak minimal 35 meter dan jarak aman 70 meter.

Saat kecepatan ditambah menjadi 80 km/jam, jarak minimal ialah 40 meter dengan jarak aman 80 meter. Dengan rumus yang TMC Polda Metro berikan, maka kecepatan 90 km/jam serta 100 km/jam mempunyai jarak minimal dengan kendaraan depan masing-masing sejauh 45 meter dan 50 meter. Adapun jarak aman saat mengebut secepat itu masing-masing 90 meter serta 100 meter. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support