Jangan Sembarangan Menyambungkan Smartphone ke Sistem Hiburan Mobil Rental

Berita Otomotif

Jangan Sembarangan Menyambungkan Smartphone ke Sistem Hiburan Mobil Rental

LONDON - Belakangan ini banyak mobil telah dilengkapi sistem hiburan terbaru dan dapat disambungkan dengan smartphone, namun Anda harus berhati-hati menyambungkannya terutama saat menggunakan mobil rental.

Namun, jangan sembarangan menyambungkan smartphone anda ke sistem hiburan tersebut, khususnya bagi Anda yang menggunakan mobil rental. Pasalnya, dengan menyambungkan smartphone pada sistem hiburan maka Anda mengorbankan privasi Anda.

Berdasarkan laporan Privacy International, dengan menyambungkan smartphone ke sistem hiburan maka data privacy seperti alamat rumah, rute berpergian bisa terbaca oleh mobil. Parahnya lagi adalah bila ternyata data tersebut tersimpan kemudian dimanfaatkan oleh orang lain.

“Ada sekitar lima hingga 10 pengenal telepon berbeda yang bisa disimpan, bila Anda terhubung dengan Bluetooth, maka sistem tersebut akan menyimpan pengenal Anda. Kami juga melihat dari sistem navigasi. Ada banyak lokasi yang tersimpan di dalamnya,” ungkap Millie Graham Wood, Solicitor and Legal Officer Privacy International.

Sementara itu, perusahaan rental juga lepas tangan terhadap hal ini. Mereka berharap bahwa pelanggan akan menghapus datanya sendiri setelah menggunakan kendaraan yang disewa.

“Dengan ini maka setiap penyewa kendaraan bertanggung jawab untuk menghapus data mereka saat mereka mengembalikan mobil rental. Hal ini untuk menghindari data-data tersebut dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tambahnya.

Jadi, bila Anda sedang berencana untuk menyewa kendaraan di masa depan, perhatikanlah tentang informasi yang akan anda bagikan dengan sistem hiburan. Tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu sedikit lebih banyak agar data yang Anda bagikan sudah dihapus. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support