Jalannya Balapan F1 Australia 2016

Berita Otomotif

Jalannya Balapan F1 Australia 2016

MELBOURNE – Meski start dari posisi pertama, namun juara dunia Lewis Hamilton dari tim Mercedes gagal untuk memanfaatkan peluangnya memimpin balapan yang dilangsungkan di sirkuit Albert Park sejak awal.

Posisinya harus melorot ke posisi keenam setelah terlambat start. Sebastian Vettel dari tim Ferrari yang start di posisi ketiga berhasil merebut pimpinan setelah menyalip duo Mercedes pada awal balapan. Tak mau ketinggalan, rekan satu timnya, Kini Raikkonen pun merebut posisi kedua setelah menyalip Hamilton dan Rosberg di tikungan kedua.

Sementara itu satu-satunya pembalap dari Asia, Rio Haryanto yang membela tim Manor Racing berhasil  memperbaiki posisinya ke posisi  19 setelah start dari posisi 22. Rio harus start dari posisi buncit karena dianggap menyebabkan kecelakaan saat kualifikasi.

Pada lap 13, Vettel dan Rosberg masuk ke dalam pit. Pimpinan lomba pun diambil alih oleh Raikkonen dan disusul oleh Hamilton yang telah mulai menguasai keadaan. Namun posisi tersebut tidak terlalu lama karena mereka berdua pun masuk pit di lap berikutnya.

Pada lap 17, terjadi kecelakaan yang melibatkan Alonso dan Gutierrez. Kecelakaan terbilang mengerikan karena mobil Alonso terguling sekitar 2 kali setelah menyenggol roda belakang Gutierrez saat akan menyalip dari sisi kiri.

Akibat kecelakaan ini, Safety Car masuk dan bendera kuning dikibarkan. Namun karena banyaknya puing yang diakibatkan kecelakaan, bendera merah pun dikibarkan pada lap 18 dan balapan ditunda selama 16 menit 55 detik guna membersihkan sisa-sisa puing dan mengevakuasi mobil. Para pembalap diijinkan untuk melakukan pergantian ban ataupun melakukan perbaikan ringan.

Start kembali dilakukkan dengan safety car memimpin di depan. Sayangnya, Rio Haryanto tidak bisa mengikuti start. Hingga start dilakukan, mobilnya terparkir rapi di pit Manor Racing. Rio harus berhenti awal karena adanya kerusakan mobil.

2 lap setelah start dilakukan kembali, Raikkonen kembali ke pit sambil menyampaikan bahwa mobilnya bermasalah. Sesaat setelah Ia berhenti didepan pit, mobilnya mengeluarkan api.

Saat restart, Vettel memilih untuk menggunakan ban super soft. Keputusan tersebut membuat Vettel harus masuk pit di lap 34 dan pimpinan diambil alih oleh Rosberg yang menggunakan ban medium. Berbeda dengan Vettel, dengan ban medium membuat Rosberg tidak perlu kembali masuk ke pit. Rosberg pun memimpin balapan dan disusul oleh Ricciardo dan Hamilton.

Sesaat, podium akan diisi oleh Rosberg, Ricciardo dan hamilton, namun Ricciardo melakukan late pit stop. Posisinya pun langsung direbut oleh Hamilton dan Vettel masuk ke 3 besar. Pertarungan di antara keduanya pun terjadi.  Sayangnya, Vettel sempat melebar sehingga memberikan kesempatan Hamilton untuk mengamankan posisi kedua.

Dengan ini maka Rosberg mempimpin klasmen sementara disusuk oleh Hamilton dan Sebastian Vettel. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support