Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Segera Berbayar, Ini Detail Tarifnya

Berita Otomotif

Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 Segera Berbayar, Ini Detail Tarifnya

JAKARTA – Jalan Tol Serpong – Cinere Seksi 1 (Serpong – Pamulang) akan segera dikenakan tarif.

Hal ini terlihat dari salah satu postingan Instagram @official.jasamarga beberapa waktu lalu. Dalam akun resmi Jasa Marga tersebut disampaikan bahwa penerapan tarif tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 592/KPTS/M/2021.

Dan berikut adalah besaran tarif yang akan dikenakan oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) selaku operator jalan tol untuk penggunakan jalan tersebut.

  • Golongan I: Rp11.000
  • Golongan II: Rp16.500
  • Golongan III: Rp16.500
  • Golongan IV: Rp22.000
  • Golongan V: Rp22.000

Jalan Tol Serpong – Cinere sendiri telah beroperasi tanpa tarif terhitung tujuh minggu atau 51 hari. Penghitungan tersebut dilakukan sejak diresmikan oleh Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia pada Kamis (01/04). PT CSJ mencatat 524.569 kendaraan telah melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang sampai dengan Minggu (23/05).

Jalan Tol

“Jumlah tersebut merupakan volume kendaraan selama tujuh minggu, dihitung berdasarkan lalulintas kumulatif yang melintasi Ruas Cinere-Serpong. Perhitungan tersebut didominasi oleh kendaraan golongan I yaitu sekitar 97% dari total seluruh kendaraan yang melintasi Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang,” terang Ayu Widya Kiswari Direktur Utama PT CSJ.

Berdasarkan data lalu lintas kendaraan yang didapatkan selama beroperasi tanpa tarif, PT CSJ mencatat Lalulintas Harian Rata-rata (LHR) jalan tol ini adalah 10.264 kendaraan. LHR tertinggi tercatat pada Hari Raya Idul Fitri, Kamis (13/5), yakni sebanyak 13.209 kendaraan.

Jumlah tersebut dinilai masih di bawah target yang ditetapkan oleh operator namun hal tersebut terbilang masuk akal karena ruas jalan tol baru bisa diakses hingga GT Pamulang. Bila jalan tol sudah dapat menembus Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) maka jumlah kendaraan dipastikan akan meningkat.

"Kami optimis ke depannya, jika jalan tol ini sudah menerus hingga Jalan Tol Cijago, target lalulintas dapat tercapai, karena akan memudahkan pengguna jalan yang berasal dari Serpong, Pamulang dan sekitarnya menuju Cinere, Bogor, Ciawi dan sekitarnya melalui Jalan Tol Cijago dan Jalan Tol Jagorawi," tutup Ayu. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang