Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Hanya untuk Kendaraan Kecil

Berita Otomotif

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Hanya untuk Kendaraan Kecil

KARAWANG - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) atau tol layang dipastikan hanya akan melayani kendaraan golongan 1 dan golongan 2.

Keputusan ini disampaikan oleh Basuki M. Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sela-sela uji pembebanan jembatan (loading test) Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Namun, ia menampik bahwa jalur tersebut tidak mampu menampung kendaraan katogori 5 bermuatan penuh. Ia menegaskan bahwa keputusan tersebut hanya bertujuan untuk mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated).

“Jangan salah persepsi. Secara struktur sangat kuat menampung hingga kendaraan Golongan V, namun dari segi manajemen traffic tidak direkomendasikan. Ini karena saat akses masuk jalan tol yang menanjak, kendaraan besar akan melambat dan menimbulkan antrean,” tegasnnya.

Untuk membuktikan ucapannya, pihak PT Jasamarga Jalanlayang Cikampek (JJC) selaku operator jalan tol pun melakukan pengujian. Dalam pengujian tersebut, mereka menggunakan sedikitnya 16 truk kapasitas masing-masing truk antara 25-30 ton. Pengujian tersebut akan dilakukan selama tiga minggu ke depan dengan berbagai metode.

Sementara itu, Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan mengatakan bahwa pihaknya meminta PT JCC untuk memperhatikan keamanan pengguna jalan. Ini karena Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated berada di ketinggian enam meter di atas jalan tol di bawahnya.

“Persiapkan skenario apapun yang mungkin terjadi di atas jalan tol ini sehingga ketika beroperasi kita sudah siap dengan antisipasi tindak lanjutnya. Jalan tol ini sepanjang 36 Km tidak ada rest area, walaupun memang sudah disiapkan beberapa mitigasi risiko yang sudah disiapkan oleh operator jalan tol,” tegas Budi. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang