Tinjau Calon Ibu Kota Baru, Mobil Para Menteri Jokowi Selip

Berita Otomotif

Tinjau Calon Ibu Kota Baru, Mobil Para Menteri Jokowi Selip

JAKARTA – Mobil yang ditumpangi para menteri di periode kedua Presiden Joko Widodo dilaporkan selip saat meninjau calon Ibu Kota baru di Kalimantan.

Seperti diketahui, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, berencana memindahkan Ibu Kota Indonesia dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Daerah tersebut dijadwalkan mulai menjadi kota pusat pemerintahan mulai 2024, tahun terakhir Jokowi menjadi presiden.

Jokowi bersama para menteri di kabinet saat ini, seperti dikutip dari laman daring Sekretariat Kabinet, pun melakukan tinjauan ke calon Ibu Kota baru, tepatnya di Kawasan Konsesi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT. ITCI, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara pada Selasa (17/12/2019). Aktivitas ini mereka lakukan setelah meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan, Tol Balikpapan – Samarinda.

Ada insiden kecil yang mewarnai kunjungan Jokowi dan para pembantunya ke Penajam Paser Utara kemarin. Dalam kondisi hujan, rute berliku dan mendaki, serta jalanan yang masih berbatu dan dipenuhi tanah merah, mobil mini bus yang ditumpangi para menteri selip saat tengah mendaki tanjakan cukup tajam. Kendaraan mereka pun tak bisa bergerak maju.

Para pewarta Istana yang ikut dalam rombongan sigap berhamburan keluar mobil untuk mengabadikan gambar para menteri berjalan kaki. Tampak Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir berjalan di atas lumpur basah.

Tak hanya para menteri yang ikut. Di dalam rombongan, ada pula Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol. Priyo Widyanto.

Para pewarta coba menanyakan bagaimana kesan para menteri dalam perjalanan. Pramono Anung coba mengalihkan insiden saat itu dengan mengatakan pemandangan di sekitar lokasi keren. Begitu pula dengan Erick Thohir.

“Asyik-asyik saja. Seru, ya,” ujar Erick.

Meski sempat selip, mobil yang dinaiki para menteri akhirnya bisa melanjutkan perjalanan. Namun, selanjutnya giliran sebagian mobil yang ditumpangi wartawan yang selip.

Akhirnya tidak semua kuli tinta bisa berlanjut ke lokasi. Hanya beberapa orang dengan mobil garden ganda yang bisa terus berlanjut hingga akhir lokasi. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar