Jalan Layang MBZ Ditutup Demi Cegah Mobilitas, Buka Lagi 23 Juli 2021

Berita Otomotif

Jalan Layang MBZ Ditutup Demi Cegah Mobilitas, Buka Lagi 23 Juli 2021

JAKARTA – Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) ditutup satu pekan karena adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat plus libur Iduladha.

Jasa Marga, melalui keterangan resmi, memberitahukan penutupan Jalan Layang MBZ mulai Jumat-Kami (16-22/7/2021). Akses yang dahulu bernama Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Tol Layang Japek II ini baru dibuka kembali pada Jumat (23/7/2021) pkl.00.01 WIB.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Jalan Layang Cikampek (JJC) George I.M.P Manurung, penutupan dilakukan di akses masuk maupun keluar baik yang ke arah Cikampek maupun yang ke arah Jakarta.

“Kepada pelaku perjalanan di sektor esensial dan kritikal kategori dikecualikan dalam masa PPKM Darurat ini kami imbau untuk dapat menggunakan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah untuk dapat melanjutkan perjalanan dari dan atau menuju Cikampek,” katanya.

Tol Layang MBZ

Kebijakan ini sendiri, lanjut Geroge, terkait dengan PPKM Darurat dan libur Iduladha 1442 H yang akan jatuh pada Selasa (20/7/2021).

Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat plus Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia mengajukan permohonan penutupan Tol Layang MBZ dalam rangka mengurangi potensi terjadinya mobilitas di tengah dua momentum di atas.

Sekadar mengingatkan, PPKM Darurat Pulau Jawa dan Bali berlangsung pada 3-20 Juli 2021, dengan kemungkinan diperpanjang. Ini merupakan respons pemerintah terhadap gelombang kedua pandemi Covid-19 sejak Mei kemarin yang makin lama makin mengkhawatirkan.

Jasa Marga, sebut George, mendukung pencegahan penyebaran penularan Covid-19 yang amat rentan terjadi seiring pergerakan masyarakat. Ia berharap penutupan Jalan Layang MBZ dapat mereduksi dan mengendalikan arus keluar-masuk Jabodetabek ketika terjadi libur nasional di tengah PPKM Darurat.

Tol Layang MBZ

Berikut rincian penutupan Jalan Layang MBZ pada 16-23 Juli 2021:

  • Akses masuk kendaraan dari arah Cawang menuju Cikampek
  • Akses masuk kendaraan dari arah Jatiasih menuju Cikampek (Km 45A Jalan Tol JORR Seksi E)
  • Akses masuk kendaraan dari arah Rorotan menuju Cikampek (Km 46B Jalan Tol JORR Seksi E)
  • Akses masuk kendaraan dari Km 48B Jalan Tol Jakarta-Cikampek Bawah menuju Jakarta

Pengguna jalan tol dapat mengakses informasi lalu lintas tol Jasa Marga lewat One Call Center 24 jam (14080) maupun aplikasi smartphone Travoy 3.0. [Xan/Had]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar