Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jalan Layang Casablanca akan Dilengkapi Kamera Tilang Elektronik

Berita Otomotif

Jalan Layang Casablanca akan Dilengkapi Kamera Tilang Elektronik

JAKARTA – Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca akan dilengkapi dengan kamera e-TLE guna memberi efek jera pada pengendara sepeda motor yang tetap nekat melintas.

JLNT Casablanca memang tidak memperbolehkan sepeda motor untuk melintas. Hal ini karena angin  dari samping terbilang cukup besar sehingga berisiko membuat pengendara sepeda motor hilang kendali atas kendaraannya.

Namun, pelarangan tersebut sering kali tidak dipatuhi oleh pengendara sepeda motor yang tetap nekat untuk melewati jalan tersebut. Ironisnya lagi, ketika ada razia di kepolisian di tengah jalan, banyak yang nekat untuk berputar arah dan melawan arus.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamera e-TLE dinilai perlu untuk dipasang di lokasi tersebut, disamping lokasi-lokasi strategis lain.

“Salah satu titik yang menjadi lokasi ke depan adalah JLNT Casablanca, itu nanti akan kita pasang,” tegas Kombes Yusuf, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Namun, pemasangan di lokasi tersebut masih bersifat sementara sehingga bisa dibongkar sewaktu-waktu. Jika setelah pemasangan tersebut ternyata kamera masih dibutuhkan, maka Polisi akan memasang kamera e-TLE secara permanen.

“Jadi sebelum kamera permanen dipasang kalau memang perlu dilakukan penindakan e-TLE di tempat-tempat yang dianggap rawan pelanggaran kita pakai portable dulu,” tambahnya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memberlakukan tilang elektronik bagi motor. Penindakan akan dimulai pada Sabtu 1 Februari 2020. Mekanisme tilang elektronik sepeda motor tidak ada bedanya dengan mekanisme tilang elektronik untuk mobil.

Kamera e-TLE akan mengidentifikasi pelat nomor motor yang melakukan pelanggaran. Kemudian pihak kepolisian akan mengirimkan surat tilang ke rumah pemilik kendaraan. Setelah itu, pelanggar harus membayar denda atas pelanggaran yang dilakukan. [Adi/Ari]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang