Jajaran Mobil Listrik Murah yang Layak Dibeli

Panduan Pembeli

Jajaran Mobil Listrik Murah yang Layak Dibeli

 

JAKARTA – Mobil listrik murah masih menjadi impian di Indonesia, karena hingga saat ini belum ada manufaktur yang berani memasarkan kendaraan ramah lingkungan dengan banderol terjangkau.

Meskipun dengan Peraturan Guernur (Pergub) Nomor 3 tahun 2020, tentang insentif pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) atas kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, diharapkan mampu memacu populasi mobil listrik murah di Ibu kota.

Bermodalkan pasal tersebut, mobil maupun motor listrik murni yang dipasarkan di DKI Jakarta. Tidak akan dibebani pajak BBN sebesar 12.5 persen. Adapun hal ini telah tertuang dalam Bab II Pasal ayat 2, seluruh kendaraan listrik berbasis baterai tidak akan dikenakan pajak.

Hingga saat ini, beberapa pabrikan baru mengambil ancang-ancang untuk memasarkan kendaraan ramah lingkungan. Sementara brand lainnya mengambil langkah lain dengan memasarkan mobil bertenaga listrik campuran alias hybrid. Berikut ini kami ulas beberapa mobil listrik murah yang akan dipasarkan di Indonesia.

Wuling E 200

Mobil Listrik Murah

Wuling Motors Indonesia memperkenalkan mobil listrik murah dengan bentuk yang imut. Kendaraan ini hadir pertama kali pada pameran mobil listrik di Jakarta kuartal keempat tahun lalu. Menilik sejarahnya, E 200 merupakan mobil bertenaga listrik kedua dari Wuling, setelah E 100.

Wuling E 200 menggunakan baterai lithium yang mampu menghasilkan daya sebesar 29 kW. Sehingga torsi puncak dari kendaraan ini sebesar 110 Nm. Dalam keadaan penuh, baterai E 200 mampu mengantarkan konsumen hingga jarak 250 KM.

Mobil yang hanya mampu memuat 2 orang (supir dan penumpang) ini dilengkapi fitur-fitur modern meliputi keyless entry, start stop button, electric parking brake (EPB), konektivitas Bluetooth dan WiFi, hingga Intelligent Auto-driving.

Di negara asalnya China, Wuling E 200 dipasarkan 56 ribu sampai 64 ribu Yuan atau setara dengan Rp 110 – Rp 126 juta. Di Indonesia mobil mungil ini sejatinya dipasarkan dengan harga tidak terlalu jauh dari banderol di atas.

DFSK Gelora E

Mobil Listrik Murah Indonesia

DFSK Gelora E pertama kali hadir pada gelaran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020. mobil listrik murah ini menggunakan basis minibus yang peruntukkannya lebih ke arah komersial.

Mobil listrik murah ini memiliki dimensi 4.500mm x 1.680mm x 2.000mm (PxLxT) yang memberikan kabin ekstra luas dan lapang, serta dipadukan dengan kemampuan berkendara yang mantap. Sebagai model minibus, DFSK Gelora E memiliki kapasitas maksimal 11 jok untuk penumpang, dengan konfigurasi yang fleksibel mulai dari 2/7/9/11 sesuai dengan kebutuhan.

DFSK Gelora E diperkirakan akan dipasarkan di Tanah Air dengan banderol kisaran Rp 489 – 499 juta untuk tipe MB. Sementara untuk tipe BV dilego Rp 469 – 479 juta. Harga mobil listrik murah Gelora E akan membantu para pengusaha transportasi umum dan logistik perkotaan.

Hyundai IONIQ

Hyundai IONIQ

Hyundai Indonesia secara resmi mengenalkan Ioniq sebagai mobil listrik yang harganya terjangkau. Kendaraan yang didatangkan langsung dari Korea Selatan secara Completely Built Up (CBU), rencananya akan dipasarkan dengan harga Rp 569 off-the-road.

Hyundai Ioniq Electric ini dibekali dengan baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kW di mana baterai ini telah mengalami peningkatan dari generasi Ioniq Electric sebelumnya. Dengan kapasitas baterai terisi penuh, Hyundai Ionic Electric dapat berjalan sejauh 373 kilometer (berdasarkan NEDC).

Ketiga mobil listrik murah tersebut masih belum dipasarkan di Indonesia. Selain terhambat pandemi covid-19, kendaraan-kendaraan ini masih menunggu kepastian akan peraturan keringanan pajak serta fasilitas pengisian listrik umum. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar