Jajal Kemampuan New Mazda CX-5 GT

Review

Jajal Kemampuan New Mazda CX-5 GT

JAKARTA – Mazda Motor Indonesia memboyong new Mazda CX-5 2016 pada bulan April 2015 dengan beberapa pengubahan minor. Kami mencoba New Mazda CX-5 GT 2016  beberapa waktu lalu.

Eksterior

Sepintas, New Mazda CX-5 GT 2016 memang masih memiliki tampilan yang sama dengan sebelumnya. Desain KODO Soul of Motion yang menjadi andalan desain untuk mobil-mobil Mazda terbaru, termasuk Mazda CX-5 lama, masih diandalkan di mobil ini. Namun, revisi sedikit dihadirkan pada bagian depan mobil.

Mazda menyematkan grille baru, kini menggunakan desain palang yang berhasil membawa rasa SUV perkotaan semakin kental. Nuansa modern masih diperkuat dengan penggunaan LED DRL yang melingkari headlamp. Headlamp ini pun dilengkapi dengan Adaptive LED Headlamps yang memiliki kemampuan Glare Free High Beam, Wide Range Low Beam dan Highway mode.

Interior

Mazda sepertinya lebih ‘niat’ untuk memberikan sentuhan baru pada sisi interior ketimbang eksterior. Beberapa 'colekan' memang telah dilakukan oleh Mazda guna memberikan kenyamanan lebih kepada para penggunanya.

Pengubahan meliputi Mazda Connect yang berfungsi untuk hiburan. Head unit ini juga mampu untuk terkoneksi dengan smartphone. SMS hingga penggilan dapat ditampilkan pada head unit ini.

Sementara itu di lingkar kemudi, Mazda CX-5 tampil menarik dengan tombol kendali dan beberapa aksen krom. Aksen krom tersebut tidak hanya ditampilkan pada lingkar kemudi, namun beberapa bagian lain seperti AC.

Mesin

Di sektor mesin, Mazda masih memercayakan SkyActiv 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 187 PS dan torsi 250 Nm.

Fitur

Mobil ini telah dilengkapi dengan serangkaian fitur keselamatan yang membantu pengemudi tetap berjalan  dengan selamat. Salah satu fitur paling berguna bagi kami adalah fitur baru Lane-keep Assist System. Fitur ini berfungsi untuk menjaga mobil berada di jalurnya dengan memberikan tenaga putaran roda ke arah berlawanan ketika mobil keluar dari jalur.

Fitur ini melengkapi Lane Departure Warning System yang sudah ada di Mazda CX-5 sebelumnya, memberikan peringatan suara untuk mengingatkan pengemudi bahwa Ia sudah keluar dari jalur seharusnya. Fitur-fitur tersebut baru berfungsi ketika kecepatan 60 km/jam.

Fitur lain yang menjadi andalan adalah Advanced Blind Spot Monitoring. Fitur ini memberikan peringatan pada pengemudi bila ada kendaraan lain di belakang namun tidak terpantau melalui kaca spion. Peringatan tersebut berupa audio dan lampu pada kaca spion.

Perfoma

Kini giliran perfoma Mazda CX-5 GT yang dibahas. Tombol start ditekan dan suara mesin mulai menderu sedikit keras. Namun suara tersebut tidak terlalu terasa jika Anda berada di dalam kabin. Mobil pun kami arahkan langsung ke tol Jagorawi.

Perjalanan yang macet pun menjadi bukti berfungsinya fitur Advanced Blind Spot Monitoring. Ketika mobil berada di tengah kepungan motor dan mobil, sensor langsung berbunyi beberapa kali dan lampu peringatan pada kaca spion menyala.

Masuk ke jalan tol, fitur lainnya pun langsung kami jajal. Ketika kecepatan menyentuh angka 70 km/jam, kami pun mengarahkan mobil untuk berpindah jalur. Benar saja, selain suara peringatan berbunyi, roda depan seakan diarahkan untuk kembali ke jalur semula.

Perjalanan dalam menggunakan New Mazda CX-5 bisa dikatakan memang. Mobil terasa semakin bertenaga ketika menggunakan mode Sport. Di kecepatan tinggi pun, mobil masih terasa cukup stabil dan mampu bermanuver dengan mudah. Tenaga mobil semakin terasa ketika menggunakan mode sport.

Sayangnya, mobil ini belum dilengkapi dengan paddle shift. Agak disayangkan untuk mobil yang dihargai lebih dari Rp 493,4 juta OTR Jakarta.

Sementara di baris kedua, jok terbilang cukup nyaman meski diisi oleh 3 orang dewasa. Legroom pun terbilang masih cukup luas meski posisi duduk penumpang baris pertama terbilang sudah cukup mundur. Namun tidak dapat dipungkiri jok terbilang agak keras ketika diduduki.

Kesimpulan
Meski tidak memiliki banyak pengubahan, tidak dipungkiri bahwa New Mazda CX-5 hadir dengan beragam pengembangan yang menarik. Mobil yang terbilang cocok untuk perjalanan perkotaan ini rasanya cukup pas untuk mereka yang gemar tampil berbeda dan menginginkan kendaraan safe. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123.
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter  



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support