Jaguar XE Bakal Ada Made In China

Berita Otomotif

Jaguar XE Bakal Ada Made In China

LONDON - Jaguar selama ini dikenal sebagai brand yang 'Inggris banget.' Tapi sebentar lagi, Jaguar akan membuka diri. Mobil Jaguar 'Made In China' pun akan segera lahir secara resmi.

Sebab Jaguar sudah membuat rencana untuk memproduksi XE di tanah Tiongkok. Model ini pun menurut Automotive News Europe akan menjadi model Jaguar pertama buatan China.

Sedan menengah premium ini akan dibangun di samping Range Rover Evoque dan Land Rover Discovery Sport di pabrik di Changshu. Namun, Direktur Jaguar Land Rover Ken Forbes enaggan mengatakan kapan produksi XE akan dimulai di China.

Namun yang patut di ketahui, penambahan produksi di China merupakan bagian dari rencana ekspansi ambisius Jaguar yang meliputi peluncuran setidaknya tiga model baru pada tahun 2016.

Di tanah Tiongkok, Jaguar berharap bisa menjual sekitar 20.000 mobil di 2014 ini atau kurang dari seperlima dari total penjualan JLR di negara tersebut. Namun, China merupakan pasar terbesar bagi Jaguar.

"Kendaraan yang menjadi ujung tombak kami untuk China adalah XE dan kami pikir bisa membuat terobosan yang signifikan --(produksi di China) itu tak terelakkan akan terjadi," kata Sales Operations Director JLR Andy Goss.

Produksi JLR di China diperkirakan akan mencapai kapasitas 130.000 pada tahun 2016 dan produsen mobil itu akan menambah pabrik mesin pada tahun 2015. Bila kedua fasilitas itu berjalan, maka ini akan menjadi model Jaguar XE pertama yang dirakit Jaguar sepenuhnya di luar Inggris. Jaguar diketahui saat ini merakit mobilnya di Pune, India, tapi berbagai komponen masih diambil dari Inggris. [Syu/Idr]

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support