Jaguar Land Rover Pamer Kebolehan di Depan Konsumen

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Pamer Kebolehan di Depan Konsumen

SERPONG – Jaguar Land Rover menunjukkan kemampuan mobil-mobil mereka yang cukup ekstrem di depan konsumen melalui program test drive bertajuk ‘The Art of Performance Tour’ (TAOPT) serta ‘Above and Beyond Tour’ (ABT).

TAOPT serta ABT merupakan program rutin Jaguar Land Rover untuk pasar global. Namun, kedua acara ini baru dilaksanakan di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun ini, tepatnya pada Sabtu (14/7/2018) hingga Minggu (15/7/2018) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang. TAOPT sendiri merupakan program test drive untuk Jaguar, sedangkan ABT untuk Land Rover.

“Acara ini merupakan kampanye global dari program driving experience Jaguar Land Rover yang dirancang untuk menghasilkan brand awareness positif bagi merek kami sekaligus mendapatkan calon konsumen potensial bagi model-model Jaguar dan Land Rover,” kata Chief Operating Officer Jaguar Land Rover Indonesia Roland Staehler di hari pertama acara.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sempat ingin membawa TAOPT maupun ABT tahun lalu ke Indonesia. Namun, usaha gagal karena jadwal tur test drive yang padat.

“Tahun lalu kami ingin mengadakannya tapi tidak bisa karena peralatan-peralatan test drive yang digunakan harus berkeliling ke banyak region,” tandas dia.

Beda Karakter Tes
Sebanyak 15 unit Jaguar maupun Land Rover hadir dalam test drive. Untuk Jaguar ada model XE, XF, F-Type, F-Pace. Sementara model-model Land Rover adalah Land Rover Discovery Sport, Land Rover Discovery, Range Rover Evoque, Range Rover Velar, Range Rover Sport dan Range Rover.

Karakter tes bagi Jaguar dan Land Rover sendiri berbeda. Berbagai pengujian untuk Jaguar lebih bertujuan agar konsumen bisa mengetahui performa sporty, handling akurat dan presisi, body roll luar biasa seimbang, hingga keandalan traction control plus sistem pengereman.

Jenis-jenis tes untuk Jaguar adalah Smart Cones, Low Traction Strip, Dynamic Circuit. Smart Cones diklaim belum pernah dilakukan oleh pabrikan lain di dunia.

“Di tantangan Smart Cones Anda akan melihat banyak ‘gerbang’ yang tersusun dari dua cone. Di atas cone ada lampu yang akan menyala dengan warna berganti-ganti, antara hijau dan biru. Warna hijau menunjukkan cone mana yang harus Anda lewati, sehingga Anda harus ke sana. Warna biru mengindikasikan cone mana yang mesti Anda lewati selanjutnya. Urutan nyala lampu selalu berubah, sehingga rute untuk tiap orang pasti berbeda. Kadang Anda harus bermanuver juga. Kami menggunakan peralatan seperti GPS di sini untuk bisa membaca kecepatan, akurasi Anda untuk melewati gerbang tepat di tengah dua cone, serta efisiensi jarak tempuh Anda,” papar seorang instruktur dari Singapura.

Land Rover, di sisi lain, punya rintangan Bumpy Course, Side Slope, Wading Pool, Cross Structure. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual