Jaguar Land Rover Kembangkan Pilar Transparan

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Kembangkan Pilar Transparan

LONDON - Jaguar Land Rover mengungkapkan tengah mengembangkan pilar transparan untuk digunakan pada mobil-mobil masa depan. Dengan teknologi baru ini, praktis pengendara bisa melihat bagian luar mobil tanpa hambatan.

Keterangan resmi Jaguar Land Rover, teknologi ini sangat efektif membantu navigasi pengendara di jalan padat lalu lintas. Sebab pengendara diberi pandangan 3600 dari dalam kendaraan. Dengan begitu mampu mengurangi kecelakaan.

Pilar transparan yang dimaksud bukan pilar mobil yang tiba-tiba menghilang dari pandangan, dan lantas penghuni kabin bisa melihat aktivitas luar mobil dari dalam mobil. Nah, cara kerja teknologi ini dengan menggunakan ‘Heads-Up Display’ yang memberikan informasi ke mata pengendara.

Bagian paling penting dari teknologi ini adalah tersematnya kamera di bagian luar mobil. Kamera tersebut akan membaca daerah blind spot yang biasanya terjadi di daerah pilar A, B dan bahkan C.

Jaguar Land Rover mengklaim, dengan teknologi tersebut pejalan kaki, pengendara sepeda, kendaraan lain di sekitar mobil akan terpantau lewat tampilan layar yang tiba-tiba timbul di dalam mobil. Canggihnya lagi, ketika sopir menentukan akan mengubah arah, menggerakkan kepala mereka bahkan menyalip, sistem secara otomatis akan membaca pergerakan di samping mobil dengan cepat. Otomatis pengendara lebih cepat memantau setiap pergerakan di luar mobil.

“Tujuan utama kami adalah untuk mengurangi kecelakaan di jalan dan meningkatkan pengalaman berkendara di perkotaan. Tim peneliti Jaguar Land Rover sedang mengembangkan teknologi ini untuk meningkatkan visibilitas dan memberikan driver dengan informasi yang tepat pada waktu yang tepat,” kata Dr Wolfgang Epple, Direktur Riset dan Teknologi, Jaguar Land Rover.

Dia menegaskan, teknologi ini tidak akan mengganggu konsentrasi pengemudi. Namun sebaliknya, pengemudi membuat keputusan yang lebih baik ketika berada di jalan.

JLR juga mengembangkan "Follow-MeGhost Car Navigation". Fitur ini akan menampilkan mobil bayangan di depan yang akan menuntun ke lokasi tujuan. Teknologi tersebut salah satu bagian dari teknologi masa depan JLR demi menekan angka kecelakaan. [Ikh/Idr]

Bergabunglah di Facebook dan Twitter Mobil123.com

 



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support