Jaguar Land Rover Gandeng BlackBerry Kembangkan Software

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Gandeng BlackBerry Kembangkan Software

WATERLOO – Jaguar Land Rover dan BlackBerry akan bekerja sama mengembangkan software atau peranti lunak bagi mobil-mobil masa depan dari pabrikan otomotif asal Inggris tersebut.

Arah industri otomotif global menuju mobil otonom dan mobil yang terkoneksi membuat produsen-produsen kendaraan makin akrab dengan para korporasi teknologi. Kerja sama antara dua dunia ini pun menjadi sesuatu yang lumrah terjadi, seperti yang dilakukan Jaguar Land Rover dengan BlackBerry.

Jaguar Land Rover, seperti diberitakan Automotive News pertengahan pekan ini, dikabarkan bakal menggunakan sistem operasi QNX milik BlackBerry. Perusahaan teknologi asal Kanada itu juga bersiap membentuk tim yang bertugas membantu Jaguar Land Rover membangun struktur komputasi di kendaraan-kendaraan mereka kelak.

Kerja sama pengembangan peranti lunak Jaguar Land Rover dengan BlackBerry nantinya dibagi menjadi beberapa fase. Fase pertama akan difokuskan pada pengembangan sistem hiburan generasi terbaru.

General Manager of BlackBerry QNX John Wall mengatakan bahwa mobil otonom dan terkoneksi bakal bereaksi dan beroperasi menggunakan basis data yang luar biasa banyak.

“Pabrikan-pabrikan, seperti misalnya Jaguar Land Rover, menyadari mereka butuh mengambil peran aktif untuk membangun arsitektur peranti lunak bagi mobil-mobil mereka,” ujar Wall.

Sebelumnya, pada Januari tahun ini, Jaguar Land Rover mengutarakan bahwa mereka berencana menggandeng Qualcomm. Pabrikan yang dimiliki Tata Motors tersebut nantinya ingin menggunakan teknologi produsen chip itu di mobil-mobil mereka. (Xan/Ari)



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual