Jaguar Land Rover Bisa Tingkatkan Kesadaran Pengendara

Berita Otomotif

Jaguar Land Rover Bisa Tingkatkan Kesadaran Pengendara

LONDON -  Berbagai teknologi kini sedang dikembangkan oleh Jaguar Land Rover (JRL). Jika sebelumnya JRL mengembangkan teknologi pendeteksi lubang di jalan, kini perusahaan otomotif asal Inggris tersebut kembali mengungkapkan teknologi keselamatan jalan terbaru disebut 'Sixth Sense'.

Dalam keterangan resmi JRL, teknologi ini menggunakan sensor biometrik untuk memantau dan meningkatkan kewaspadaan pengemudi. Dijelaskan JRL teknologi ini bisa mendeteksi gelombang otak melalui tangan yang menempel di setir. Supaya hasilnya maksimal JRL melibatkan ahli saraf terkemuka dalam penelitian ini.

Diakui JRL, sejumlah kecelakaan saat ini disebabkan karena pengemudi sedang stres, terganggu dan tidak berkonsentrasi pada jalan di depan.

Dr Wolfgang Epple, Jaguar Land Rover Director of Research and Technology mengatakan kehadiran teknologi ini untuk memantau konsentrasi pengemudi melalui denyut jantung pengemudi, pernapasan,  dan tingkat aktivitas otak untuk mengidentifikasi tingkat stres pengemudi, kelelahan dan kurangnya konsentrasi.

Dalam waktu yang sama tim berbasis di Inggris ini juga mengembangkan inovasi analisis kedipan mata sehingga teknologi ini mampu melihat apakah pengemudi mengantuk saat berkendara hingga memperhatikan jalanan atau tidak.

Ketika hal itu terjadi, teknologi akan berkomunikasi dengan pengemudi melalui getaran pedal gas.

"Salah satu bagian penting dari penelitian baru adalah untuk melihat bagaimana kita bisa mengukur gelombang otak untuk memantau jika pengemudi waspada dan berkonsentrasi di balik kemudi. Bahkan jika mata fokus kei jalan, kurangnya konsentrasi atau melamun akan sangat berbahaya," ucap Wolfgang.

Teknologi ini nantinya bukan hanya sekedar untuk kenyamanan, namun juga sebagai data untuk keselamatan pengunna jalan raya seperti pejalan kaki dan pesepeda. [Ikh/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



M Ikhsan

M Ikhsan

Pria ini sangat menyukai dunia otomotif karena sudah menjadi bagian hidupnya sejak kecil. Seperti para jurnalis otomotif lainnya, saya suka‬ pekerjaan yang mendetail dan suka dengan aktivitas outdoor yang penuh tantangan. Impian saya adalah mengoleksi supercar Italia, meski sekarang hanya bisa mengoleksi die cast. Tapi saya percaya suatu saat nanti, satu supercar akan terparkir di garasi rumah. ‎


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual