Jaguar Adopsi Mesin Ingenium pada Model XE, XF dan F-Pace

Berita Otomotif

Jaguar Adopsi Mesin Ingenium pada Model XE, XF dan F-Pace

SOHILULL – Jaguar berencana sematkan mesin berteknologi ingenium pada jajaran model XE, XF dan F-Pace.

Setelah sukses dengan mesin ingenium pada Land Rover, kini teknologi jantung pacu yang diklaim lebih efisien tersebut akan hadir di jajaran model Jaguar terbaru yang akan diluncurkan dengan mesin 2.0-liter bensin.

Dengan teknologi ingenium, mesin-mesin ini diyakini dapat menghasilkan tenaga maksimal 296 hp dan torsi 400 Nm. Hasil ini berkat penggunaan twin-scroll turbo dan high-flow compressor wheel pada generasi terbaru mesin tersebut.

Pada model XE, mesin ingenium mereka dapat membuat akselerasi 0-100 kmh hanya 5,5 detik saja. Mesin ini juga diklaim efisien dengan konsumsi 14 km per liter saat digunakan di negara asalnya Inggris. 

Pada model XF akselerasi kendaraan dapat mencapai 5,6 detik untuk menempuh 0-100 kmh dengan konsumsi BBM rata-rata 13.8 km per liter. Sementara untuk SUV andalan Jaguar F-Pace, mesin ingenium mereka mampu berakselerasi 0-100 kmh dalam waktu 6.0 detik dengan konsumsi BBM 13 km per liter. 

“Kami melanjutkan untuk memperluas jangkauan keluarga mesin ingenium kami. Dengan ini kami juga memberikan konsumen lebih banyak pilihan dari sebelumnya. Mesin 296 hp yang kami ciptakan mampu merepresentasikan performa Jaguar. Ketika menyalurkan tenaganya, mesin ini juga sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar,” ujar Nick Rogers. Executive Director for Product Engineering Jaguar.

Ia juga berterima kasih atas penemuan teknologi mutakhir yang diciptakan oleh para insinyur. Desain katup pada mesin ingenium menjadi kunci kesuksesan mereka dalam menciptakan mesin berperforma namun ramah lingkungan.

Mesin berkapasitas 2.000cc yang mereka ciptakan baru-baru ini secara otomatis menggusur keberadaan mesin sebelumnya. Jaguar XE, XF dan F-Pace terdahulu menggunakan 2.0-liter yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 197 hp pada model XE dan XF. Selain itu, mereka juga akan menawarkan pilihan mesin empat silinder twin-turbo diesel yang bertenaga 237 hp. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support