Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jadi Taksi di Dubai, Innova Buatan Indonesia Ini Sudah Jalan Nyaris 1 Juta Km!

Berita Otomotif

Jadi Taksi di Dubai, Innova Buatan Indonesia Ini Sudah Jalan Nyaris 1 Juta Km!

JAKARTA – Toyota Kijang Innova buatan Indonesia yang diekspor ke luar negeri memperlihatkan ‘kebandelannya’.

Hal ini diketahui dari unggahan video di akun Instagram @fahedabusalah pada akhir pekan lalu.

Dalam video tersebut, dia sedang berada dalam sebuah kendaraan.

“Teman-teman, saya sedang berada di Toyota Innova model 2018 buatan Indonesia,” bukanya sambil menunjukkan semacam kartu penunjuk identitas kendaraan yang dirilis oleh Roads and Transport Agency (RTA) Dubai.

Toyota Kijang Innova

Fahed lanjut mengatakan bahwa Innova yang ia tumpangi adalah sebuah taksi. Selanjutnya, ia mengajak penonton video untuk mengecek jarak tempuh di odometer.

Sungguh mengejutkan, model yang di Indonesia dikenal dengan nama Kijang Innova tersebut ternyata sudah berjalan sejauh 999.999 km alias hampir satu juta km!

Fahed kemudian bertanya kepada sang pengemudi apakah transmisinya terasa berubah setelah menempuh jarak sejauh itu. Demikian pula dengan mesinnya.

“Tidak,” jawab sopir untuk kedua pertanyaan Fahed.

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), produsen Kijang Innova di Tanah Air, diketahui memang mengekspor multi purpose vehicle (MPV) tersebut antara lain ke Timur Tengah.

Bahkan, Kijang generasi ketiga merupakan mobil pertama yang mereka impor secara utuh (Completely Built Up/CBU) dari Bumi Pertiwi pada 1987 silam.

Di samping itu, Toyota Indonesia juga mengekspor Raize, Rush, Fortuner, Avanza, Veloz, Sienta, Town/Lite Ace, Vios, Agya, hingga Yaris.

Sepanjang 2022 kemarin, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada total 3.880 unit Kijang Innova yang diekspor CBU ke berbagai negara di luar negeri.

Adapun total ekspor CBU Toyota untuk seluruh model mencapai 297 ribu unit. Ini merupakan rekor ekspor terbesar sejak mereka pertama kali memulai ekspor dari Indonesia.

Toyota Kijang Innova Zenix

Mulai Februari 2023, Toyota mulai mengekspor generasi terbaru dari model tersebut yang dinamakan sebagai Kijang Innova Zenix.

Kendati begitu, selama dua bulan pertama tahun ini (Januari dan Februari), Kijang Innova Zenix terpantau masih dikapalkan bersama-sama dengan Kijang Innova generasi sebelumnya.

Dalam kurun waktu tersebut, terdapat 694 unit Kijang Innova plus Kijang Innova Zeni yang dikirimkan ke luar negeri. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang