Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Tolak Mobil Dinas Mercedes S600 Terbaru

Berita Otomotif

Jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim Tolak Mobil Dinas Mercedes S600 Terbaru

KUALA LUMPUR – Perdana Menteri (PM) Malaysia terbaru Anwar Ibrahim tidak ingin menggunakan sedan mewah Mercedes-Benz S600 sebagai mobil dinas.

Anwar terpilih menjadi PM Malaysia pada Kamis (24/11/2022) dan mulai bekerja sehari setelahnya. Tak lama setelah terpilih, dia mengambil beberapa sikap.

Di antaranya adalah keputusan untuk tidak mengambil gaji selama masa jabatan. Lalu, seperti dilaporkan situs Free Malaysia Today, ia pun menolak menggunakan S600 sebagai mobil dinasnya.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim

Anwar menegaskan bahwa prioritasnya sebagai PM Malaysia adalah menangani isu inflasi. Selain itu, ia juga akan fokus pada masalah biaya hidup yang meningkat signifikan.

S600 yang ia tolak sendiri belum lama dibeli. Sekretariat Perdana Menteri mengakuisisinya sebelum Anwar terpilih.

“Saya tidak ingin ada pengeluaran baru untuk saya yang berasal dari uang rakyat,” ucap Anwar melalui akun Facebooknya pada Minggu kemarin.

“Sebaliknya, saya akan menggunakan kendaraan apa pun yang tersedia untuk pekerjaan resmi sehari-hari," lanjut dia.

Komentar tersebut merupakan lanjutan dari pidato pada Sabtu malam di Mesjid Sungai Long. Ketika itu, dia menekankan bahwa tidak ada mobil dinas baru, juga renovasi kantor untuknya.

Ini dilakukan untuk menciptakan budaya baru yaitu tidak melakukan pemborosan anggaran. Menurut Anwar, hal tersebut harus dilakukan oleh semua.

Mercedes-Benz S-Class 2022

“Pikirkan berapa yang Anda bisa hemat, RM100, RM1000, RM10 ribu. Itu bisa dikembalikan kepada masyarakat miskin. Saya memulai komitmen dengan tidak mengambil gaji. Tapi yang tak kalah penting adalah tidak menghambur-hamburkan anggaran yang kita punya,” paparnya.

“Ini adalah pesan bagi seluruh pemimpin kementerian. Ingat bahwa di situasi terkini kita harus memulai kultur baru. Jangan menggunakan uang pemerintah untuk fasilitas kita sendiri,” tambahnya.

Di Malaysia, harga retail S600 sebagai sedan termewah dan termahal Mercedes kabarnya berkisar antara RM700 ribu sampai RM1,9 juta. Jika dirupiahkan, nilainya setara Rp2,45 miliar hingga Rp6,66 miliar (RM 1 = Rp3.509,71).

Dengan spesifikasi khusus demi keamanan kepala negara, bisa saja angka tersebut bisa lebih besar lagi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang